Pemko Pariaman Bina 71 Kader PPKBD

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Kota Pariaman---Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman melakukan pembinaan kepada 71 orang Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) yang telah terbentuk di 71 Desa/Kelurahan se- Kota Pariaman di Aula Kantor Bersama Karan Aur, Selasa (31/7/2018).

    Kegiatan ini bertujuaan untuk meningkatkan dan memantapkan peran PPKBD pada masyarakat, serta menyebarluaskan wawasan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera.

    Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan program Keluarga Berencana (KB),  telah dilakukanberbagai upaya penumbuhan, pembinaan dan pengembangan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP). Hal itu dilakukansebagai wadah peran serta masyarakat sekaligus sebagai mitra petugas lapangan melalui pembentukan kelompok IMP di tingkat desa, dusun dan RW/RT yang dinamakan dengan PPKBD.

    Sekretaris DP3AKB Kota Pariaman, Guswirni Ali mengatakan bahwa pembinaan ini bisa meningkatkan kinerja PPKBD di lapangan dalam membantu mensejahterakan masyarakat, karena PPKBD adalah pilar utama dalam keberhasilan penyelenggaraan program KB.

    Sementara  Kabid KB di Dinas P3AKB Kota Pariaman, Dian Amalius meminta kepada seluruh kader yang hadir untuk bisa bertanggung jawab dengan tugas yang telah di berikan. PPKBD adalah mitra utama dari Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dalam mengelola program KB dan juga sebagai ujung tombak bagi keberhasilan program tersebut di lapangan.

    "Perlu adanya pendidikan dan pelatihan khusus bagi petugas PPKBD agar lebih mengusai materi tentang KB dan jugaPPKBD bisa diperluas dalam lingkup kegiatan posyandu, dengan kegiatan - kegiatan pos pemberdayaan keluarga (posdaya). Semoga dengan adanya para petugas ini mampu menghidupkan kembali masyarakat untuk ber KB," harapnya. (MC/dos)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemko Pariaman Bina 71 Kader PPKBD
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar