Dampak Buruk Untuk Hidupmu Apabila Kamu Sering Mengeluh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sebagian orang di dunia ini, pasti memilki pekerjaan yang sangat didambakan. Setiap seorang tersebut pasti tidak pernah lepas dari permasalahan pekerjaan mereka itu.

    Ada saatnya kita akan lelah dalam menghadapi permasalahan tersebut dan tak sanggup menahan beban beratnya pekerjaan itu, itulah yang akan membuat mengeluh atau keluarnya kalimat keluhan yang bermaksud tidak sanggup lagi kita menghadapi permasalahan itu.

    Mengeluh itu memang hal yang biasa yang menjadi bagian dari seseorang tersebut, namun jika kita melakukannya secara berkelanjutan itu juga tidak baik juga.

    Apa sih arti dari Mengeluh itu?

    Mengeluh adalah reaksi atau pandangan negatif yang keluar karena adanya permasalahan yang tidak terselesaikan. Disaat kita kesusahan, baik dalam keadaan sedih atau keadaan yang tidak diinginkan. Biasanya memang keluhan tersebut akan keluar tanpa kita sadari. Bisa saja secara otomatis atau pun bisa saja lewat curhatan.

    Mengapa kita bisa mengeluh?

    Disaat kita mengahadapi permasalahan yang cukup rumit, pasti ada saatnya kita mau mencurahkan emosi kita. Tapi di waktu yang bersamaan seseorang mengeluh karena membutuhkan perhatian dari sekitarnya. Kita sih sebenarnya boleh saja mengeluh, tapi jangan terlalu sering mengeluh juga guys. Ternyata dengan mengeluh itu juga bisa menimbulkan dampak, baik yang negatif maupun yang positifnya juga. Untuk lebih jelas lagi, kita liat aja dibawah ini.

    1. Dampak positif dari mengeluh 
    • Dapat membantu berteman

    Maksudnya adalah dengan kamu mengeluhkan dan membicarakan temanmu, itu akan semakin mempererat hubungan pertemanan dengan temanmu tersebut.

    • Dapat membuatmu bahagia

    Orang lebih banyak bahagia karena dengan mengeluhkan pekerjaan atau permasalahan mereka, jika dibandingkan dengan mereka yang memanjakan diri dengan kemewahan dan kesenangannya.

    • Membuatmu lega

    Dengan kalian meluapkan emosi kalian baik lewat apapun, keadaan emosi kalian akan membaik. Tapi sebaliknya, jika pikiran dan emosi kalian dipendam sendiri kemungkinan itu akan membuat stres dan masalah kesehatan dalam waktu yang lama.

    1. Dampak negatif dari mengeluh
    • Bertambah stres dan pusing

    Mengeluh adlah arti dari tidak mampunya seseorang. Tapi dengan tidak mampunya tersebut tak bisa jadikan alasan kalian untuk mengeluh. Bukannya kalian lega tapi itu akan membuat kalian bertambah stres dan pusing.

    • Dengan mengeluh berkelanjutan membuat hati jadi lelah sendiri

    Dengan mengeluh permasalahan hidup, hatimu akan lelah sendiri. akibatnya kalian akan depresi dan tidak bisa berpikir jernih. Makanya jangan biarkan hatimu menjadi lelah karena sibuk sendiri.

    • Menghalangi potensi besar yang membuat kamu tidak produktif

    Akibat permasalahan kalian jangan dijadikan alasan untuk berhenti produktif. Yang seharusnya kalian bisa berkembang, tapi dengan adanya permasalahan itu, produktivitas kalian akan terhambat.

    • Membuat dirimu menjadi lemah tak berdaya

    Secara tidak sadar, mengeluh itu dapat melemahkan kalian. Kamu akan meyakinkan dirimu tak mampu lagi dan pada akhirnya kalian akan benar-benar berhenti pada titik lemah dan merasa tidak sanggup lagi.

    • Dapat membuat orang kesal dengan keluhan kalian tersebut

    Orang lain akan mengerti jika mendengar kalian mengeluh. Tapi jika kalian melakukan secara terus-menerus, ada waktunya orang lain akan kesal dengan kalian. Pada dasarnya bukan kalian saja yang memilki masalah, orang lain juga memilki masalah sendiri.

    Nah, itulah beberapa pendapat tentang mengeluh, baik dampak positif ataupun dampak negatifnya. Mengeluh boleh tapi jangan berkelanjutan ya guys.(Harist)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Buruk Untuk Hidupmu Apabila Kamu Sering Mengeluh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar