Menteri LHK Dukung Provinsi Riau Percepat Status Siaga Darurat Karhutla

Daftar Isi

     

    Foto: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya (Sumber: menlhk.go.id)

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mendukung Provinsi Riau untuk segera menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2021. 

    Hal itu diutarakan Siti Nurbaya saat mengikuti acara Rapat Kordinasi Khusus (Rakorsus) karhutla Tahun 2021 secara virtual bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD secara virtual yang diikuti oleh 15 Gubernur se-Indonesia, Selasa (9/2/2021). 

    "Kami mendukung Provinsi Riau segera melakukan siaga darurat karhutla, kami ucapkan terimakasih," pungkasnya. 

    Melalui rapat tersebut, Menko Polhukam Mahfud MD menginginkan pemerintah daerah yang rawan karhutla supaya melakukan penetapan siaga darurat lebih dini. Hal ini bertujuan agar daerah-daerah tersebut bisa mengantisipasi lebih awal jika terjadinya bencana asap ini. 

    "Seperti diketahui daerah-daerah karhutla seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel) dan beberapa provinsi lainnya untuk menetapkan status siaga darurat lebih awal," ujar Mahfud. 

    Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada Gubernur, TNI-Polri atau unsur terkait untuk segera menindaklanjuti permasalahan karhutla.

    Sementara, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riua akan menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam waktu dekat, namun hal itu akan terlaksana jika sudah ada laporan dari kabupaten/kota. 

    "Beberapa daerah di Riau sudah masuk dalam musim panas, karena itu diarahkan oleh Menko Polhukam dalam rapat supaya Riau menetapkan status siaga darurat karhutla lebih dini," kata Gubri Syamsuar usai mengikuti rapat secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit. 

    Seperti diketahui, beberapa daerah di Bumi Melayu Lancang Kuning ini sudah masuk dalam musim panas. Adapun kabupaten/kota yang terdeteksi fire spot selama awal tahun 2021 adalah Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hilir dan Kota Dumai. 

    "Untuk pelaksanaan status siaga darurat karhutla secepatnya, dalam bulan ini," pungkas Gubri. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri LHK Dukung Provinsi Riau Percepat Status Siaga Darurat Karhutla
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar