Eksim di Tangan itu Mengganggu, Ini Tips Mengatasinya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di dalam ilmu kesehatan, eksim adalah peradangan yang bisa menimbulkan kulit kering, gatal-gatal, dan bisa juga kemerahan. Menurut seorang pakar kulit, Joshue Zeichner, MD berkata bahwa perubahan gaya hidup ke yang sederhana dapat juga membantu meredakan gejala penyakit tersebut.

    1. Jangan mandi lama-lama

    Kebiasaan mandi lama bisa saja membuat kulit kita menjadi kering yang dapat menimbulkan tanda-tanda penyakit eksim. Pada waktu mandi, air dan sabun yang kita pakai akan menanggalkan sebum atau kandungan yang bertugas untuk memberi kelembapan pada kulit. Makanya semakin kalian lama mandi itu juga akan semakin melepaskan kandungan alami dari kulit tersebut, yang akan membuat kulit itu kering dan kurang nutrisi.

    Waktu mandi yang disarankan adalah lima ment saja, dan diharuskan menggunakan air dingin. Jika kalian mau memakai air panas sangat digaris bawahi supaya suhunya tidak terlalu panas ya guys. Dan disaat mandi juga harus diingat agar tidak menggosok kulit terlalu keras begitu juga saat mengeringkan kulit tersebut.

    1. Memilih pakaian yang sesuai dengan kebutuhan

    Jika kalian menggunakan pakaian yang berbahan kasar atau bisa membuat gatal dan juga pakaian yang terlalu mencetak badan atau bahasa lainnya ialah ketat, maka itu bisa saja menimbulkan penyakit eksim tersebut.

    Sebagusnya kalian memakai pakaian yang berbahan dasar lembut atau kain sutra dan juga bisa menyerap keringat kalian. Dan juga diingatkan agar tidak memakai pakaian yang terlalu ketat, carilah pakaian yang besar dari ukuran anda.

    1. Mengurangi kebiasaan menggaruknya

    Jangan membiasakan menggaruk kulit kalian, itu akan memperburuknya saja. Apalagi jika kalian menggaruk dengan kuku panjang dan juga kotor itu bisa mengakibatkan infeksi saja. Jalan keluar untuk menggaruknya adalah dengan menekan-nekan kulit tersebut.

    1. Mengendalikan stres

    Jangan kalian stres karena tidak tahan dengan penyakit tersebut karena itu dapat memperparah kondisi kulitnya. Anda harus menghadapinya dengan tenang, dengan meditasi ataupun mengatur pernapasan.

    1. Menggunakan sabun yang lembut

    Jika kalian mandi pasti akan menggunakan sabun. Sabun yang dipakai jika kalian masih berkaitan atau masih menghadpi penyaki eksim itu, sangat disarankan untuk memaki sabun yang netral. Netral disini adalah tidak mengandung alkohol, pewangi dan juga pewarna. Gunakanlah sabun yang aman tanpa bahan yang disebutkan tadi.

    1. Menggunakan obat atau krim untuk meredakan gejalanya

    Setelah kalian melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air, segeralah kalian mengoleskannya dengan obat atau krim yang dianjurkan oleh dokter kalian. Berikut beberapa jenis obat atau salep yang bisa digunakan, antara lain:

    a. Antihistamin

    Obat ini dapat menghambat efek dari zat yang berbahaya. Zat ini bernama histamin yang merupakan zat yang bisa menyebabkan gatal.

    b. Salep kortikosteroid

    Obat ini diberikan untuk mengurangi peradangan penyakit eksim tersebut.

    c. Antibiotik

    Obat ini digunakan jika penyakit eksim itu sudah terinfeksi dengan kuman.

    d. Pelembab kulit

    Pelembab ini sebaiknya kalian pakai saja setiap hari apalagi bagi kalian yang mengalami kulit kering. Oleskan juga setelah kalian mandi dan jangan memakai pelembab bersamaan dengan orang lain.

    Selain berbagai obat-obatan diatas ini, kalian juga bisa mengobatinya dengan air dingin dikompreskan untuk mengurangi rasa gatal dan bisa saja memakai air hangat tanpa apapun.

    1. Gunakan pelindung kulit saat mencuci piring kotor

    Pemakaian pelindung tangan atau sarung tangan karet dapat melindungi kulit kalian terkena zat dan bahan kimia yang berbahaya pada sabun sehingga dapat mencegah eksim dikulit kalian sendiri.

    Mungkin itu saja yang bisa penulis bagi untuk kalian Readers, semoga bermanfaat ya.(Harist)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Eksim di Tangan itu Mengganggu, Ini Tips Mengatasinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar