Kadis ESDM: Diameter Sumur Makin Lebar, Semburan Makin Berkurang

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Sejauh ini sumur yang mengeluarkan semburan gas bercampur lumpur yang terjadi di belakang Pondok Pesantren Al Ihsan Tenayan Raya, diameternya semakin lebar mencapai enam meter. Meski begitu, semburan gas bercampur lumpur telah jauh berkuran dibandindngkan hari-hari sebelumnya.

    Demikian disampaikan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Indra Agus Lukman. Sumur ini tidak akan kelihatan, karena tertutup lumpur yang tingginya mencapai lebih dari dua meter.

    "Kondisi sekarang kandungan gas sudah tidak berbahaya. Namun kita tetap harus waspada karena kadang ada kadang tidak," ujarnya, Minggu (07/02/21).

    Dikatakan Indra, sejauh ini intensitas semburan lumpur telah berkurang dibandingkan sehari belakangan. Bahkan tinggi semburan juga berkurang.

    "Kita lihat dalam dua hingga tiga hari kedepan, jika semburan semakin kecil dan kondisi memungkinkan tim akan akan mulai untuk memasukkan alat dan melakukan penutupan. Nanti rencana akan kita tutup dengan balok-balok yang dicor," sebutnya.

    Dikatakan Indra, jauh hari masyarakat sudah diimbau untuk tidak melakukan pengeboran. Terutama di wilayah Tenayan Raya yang berada di dalam cekungan. Sementara untuk mendapatkan air di batasan 100 meter juga belum tentu bisa didapatkan. 'Dari sini sampai Melebung tidak seperti ini semua. Jadi kita sarankan agar masyarakat tidak mengambil langkah pengeboran untuk mencari air," tambahnya lagi.

    Hasil teori ekologi, data menunjukkan bahwa sering terjadi keluarnya gas dari penggalian sumur. Untuk Kecamatan Tenayan Raya menurutnya bukanlah merupakan wilayah potensi gas. Lantaran gas di wilayah ini adalah gas rawa.

    "Kalau gas rawa dapat ditemui di 100 meter namun jika untuk gas nitrogen yang digunakan untuk industri ditemui di 200 meter lebih. Kalau gas rawa tidak bisa dikelola sebab biasanya dalam 3 hari sudah berhenti menyembur," tegasnya.(rie/rtc)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kadis ESDM: Diameter Sumur Makin Lebar, Semburan Makin Berkurang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar