Semburan Lumpur Al Ikhsan, Warga dan Santri Sekitar Dipindahkan

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Semburan lumpur gas di belakang pondok pesantren Al Ikshan Tenayan Raya, telah merusak bangunan pesantren. Sejauh ini Dinas Energi dan Sumber Energi Provinsi Riau, telah melakukan beberapa langkah. 

    Diantaranya memindahkan santri dan warga sekitar lokasi. ESDM sendiri belum berani menutup aemburan gas, karena tekanannya yang masih kuat.

    "Yang kita lakukan saat ini adalah mitigasi, yakni santri dan masyarakat di sekitar sini dipindahkan dan melarang warga lainnya untuk mendekat," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau Indra Agus Lukman seperti dikutip dari Antara.

    Ia mengatakan untuk upaya penanggulangan insiden semburan gas akan dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari pemerintah daerah, SKK Migas Sumbagut, dan perusahaan gas EMP Bentul Ltd.

    Sementara itu, Act Area Manager EMP Bentu Ltd. Zulfan mengatakan semburan gas itu tidak ada hubungannya dengan fasilitas dan sumur Gas EMP Bentu. Titik semburan gas berjarak 180 meter dari pipa gas EMP Bentu, dan berjarak satu kilometer dari sumur gas EMP Bentu. Pengeboran terakhir pada tahun 2004, dan produksinya berakhir pada 2013.

    "Berhubung lokasi tersebut tidak jauh dari EMP Bentu, maka pihak EMP Bentu sudah berkoordinasi dengan ESDM Provinsi Riau untuk membantu dengan melakukan tindakan," katanya.

    Petugas EMP Bentu di lokasi tersebut, lanjutnya, membantu mengukur konsentrasi Lower Explosive Limit (LEL) dan H2S di lokasi semburan.

    "Gas tersebut berpotensi terbakar jika terpicu dan juga beracun," katanya.

    Pihaknya telah menginstruksikan kepada pengelola Pondok Pesantren Al-Ihsan agar mengisolasi area semburan dan melarang siapapun mendekat, dan pihak EMP Bentu telah memasang barikade dan memonitor LEL dan H2S secara periodik per enam jam.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Semburan Lumpur Al Ikhsan, Warga dan Santri Sekitar Dipindahkan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar