Fungsi Penting Kesehatan Jakun Bagi Pria

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Bagi kaum Laki-laki yang  sudah memasuki masa pubertas biasanya akan ditandai dengan tumbuh atau munculnya jakun di lehernya. Kaum perempuan pasti akan melihat keseksian seorang laki-laki dari jakunnya saja.

    Tapi ternyata jakun memilki fungsi lainnya. Jakun ini adalah pembeda antara yang mana laki-laki dan perempuan, yang mana akan tampak jika kita melihatnya langsung. Namun banyak diantara kalian yang tidak tahu fungsi dari jakun tersebut selain jadi pembeda antara laki-laki dan perempuan. Untuk lebih dalam, ayo kita lihat uraiannya sebagai berikut.

    Jakun adalah tulang rawan yang seperti tulang rawan pada telinga dan hidung yang letaknya berada diatas kelenjar tiroid sampai disebut juga sebagai kartilago tiroid yang mempunyai kegunaan untuk melindungi pita suara seseorang.

    Dalam bahasa inggris jakun artinya adalah Adam’s Apple yang berarti suatu struktur kecil yang mempunyai bentuk setengah lingkaran dan pastinya akan menonjol di bagian leher seorang laki-laki. Bagian ini akan nampak disaat mereka akan menelan dan ada juga pada beberapa laki-laki yang lebih terlihat jelas.

    Selama ini kita pasti hanya tau bahwa laki-laki saja yang memiliki jakun itu. Ternyata semua itu salah! Baik laki-laki atau perempuan sama-sama memiliki jakun yang berfungsi sebagai pelindung tenggorokannya, bedanya adalah jakun yang terdapat pada seorang laki-laki akan terlihat lebih jelas atau lebih menonjol jika dibandingkan dengan jakun pada kaum perempuan.

    Jika kita pikir ulang lagi, kalau kaum perempuan tidak memiliki jakun bagaimana mereka bisa mengeluarkan suaranya. Makanya jakun itu tidak hanya terdapat pada laki-laki tapi juga terdapat pada perempuan.

    Ukuran jakun pada laki-laki akan lebih menonjol dari pada jakun pada seorang perempuan, hal itu dipengaruhi oleh pita suara laki-laki lebih panjang dari pita suara perempuan. Beda halnya denga laki-laki, seorang perempuan disaat memasuki masa pubertas tersebut jakun mereka tidak mengalami pembesaran atau pelebaran seperti seorang laki-laki pada umunya.

    Pembesaran jakun perempuan itu hanya setengah dari pelebaran jakun laki-laki. Maka pada umunya di leher perempuan tidak memiliki tonjolan. Tapi seringkali perempuan yang mempunyai pita suara yang panjang, maka jakun mereka akan lebih tampak atau agak menonjol.

    Besar kecilnya jakun seorang laki-laki itu akan mempengaruhi suara laki-laki tersebut. Semakin besar jakun mereka akan semakin berat, tetapi fungsinya itu tidak akan berubah kok teman-teman. Karena jakun ialah ciri khas dari laki-laki pastinya orang akan geli melihat jika perempuan punya jakun. Pada dasarnya jakun ini memang sudah ada semenjak kita dilahirkan ke dunia ini, hanya saja sebelum kita masuk pada masa pubertas jakun tersebut memiliki ukuran yang kecil.

    Jakun selain sebagai pelindung, jakun juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai kotak suara dan juga untuk memastikan makanan yang dimakan melewati masa penelanan bukan ke saluran udaranya. Jadi itu dia fungsi dari jakun tersebut ya guys. Bukan hanya untuk membuat pria terlihat lebih seksi saja, ternyata jakun juga memiliki fungsi penting lainnya.

    Mungkin di artikel kali ini hanya sedikit yang bisa diberikan tentang fungsi dari jakun tersebut. Semoga di artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua ya guys. Sekian dan Terima Kasih.(Harist)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Penting Kesehatan Jakun Bagi Pria
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar