BK Tegur Anggota DPRD Inhu yang Tak Disiplin

Daftar Isi

    Foto: Gedung DPRD Inhu. 

    Lancang Kuning, INHU - Seorang wakil rakyat di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau dua kali mendapat surat dari Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tentang pelanggaran kedisiplinan. 

    Pasalnya, Jepriadi anggota dewan daerah pemilihan (Dapil) IV dari partai Hanura tidak disiplin seperti, jarang mengikuti pembahasan ditingkat komisi serta acara Paripurna DPRD. Hal ini tentunya bertentangan dengan disiplin dewan. 

    Hal tersebut dibenarkan oleh Mulyanto selaku anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Indragiri Hulu, pada saat dikonfirmasi media ini, Senin (1/2) pagi.

    Dimana, pihak dari BK telah memproses wakil rakyat tersebut hingga tertuang dalam notulen kesepakatan yang dibuat oleh Jefriadi tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Tapi, sebelum kesepakatan itu ada pihak BK sempat melayangkan surat panggilan sebanyak dua kali. 

    " Surat panggilan pertama pihak bersangkutan tidak datang dengan alasan diluar kota. Selanjutnya, BK melayangkan kembali surat panggilan kedua dan Jefriadi hadir pada saat itu," ucapnya. 

    Menurut Mulyanto dari berita acara itu, untuk ke depan yang bersangkutan pada intinya siap menerima sanksi dari BK apabila tiga kali berturut-turut tidak hadir saat pembahasan di tingkat Komisi maupun Paripurna DPRD. 

    " Apabila hal tersebut tidak diindahkan oleh Jefriadi, maka BK akan memberikan sanksi berat seperti melayangkan surat ke partai pengusungnya untuk di PAW (pengganti antar waktu)," ujarnya. 

    Badan Kehormatan (BK) memproses permasalahan ini berdasarkan informasi dan dikuatkan dengan data pendukung seperti absen acara yang digelar di DPRD Inhu.

    " Dari data absensi beliau banyak tidak hadir," sebutnya. Selanjutnya, BK berkeinginan dalam hal ini tidak terjadi lagi kepada anggota dewan lainya.

    Sisi lain, Jefriadi anggota dewan mengatakan melalui jalur pribadi (japri) WhatsApp membenarkan bahwa hal tersebut. " Lebih jelasnya bisa datang ke kantor DPRD aja, disitu ada di notulen sidang BK sebelumnya," singkatnya. (Dan/LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BK Tegur Anggota DPRD Inhu yang Tak Disiplin
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar