Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Fungsi sistem informasi manajemen adalah untuk memudahkan bagian manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, serta pengarahan kerja bagi semua departemen yang dikoordinirnya. Dalam praktiknya, fungsi sistem informasi manajemen dibutuhkan perusahaan.

    Tanpa sistem informasi dalam manajemen tersebut, mustahil sebuah koperasi atau instansi berjalan lancar, terutama saat kita akan mengambil keputusan. Karena penting bagi orang-orang yang bekerja di bidang tersebut untuk memahami sistem informasi manajemen.

    Fungsi sistem informasi suatu manajemen adalah untuk :

    1. Memudahkan bagian manajemen melakukan perencanaan, pengawasan, serta pengarahan kerja bagi semua departemen yang dikoordinirkanya.
    2. Meningkatkan efektifitas dan efesien pengolahan data, karena data yang ada pada sistem informasi suatu manajemen merupakan data telah tersaji secara akurat dan real time (tepat waktu).
    3. Miminimalisir biaya dalam meningkatkan produktifitas suatu perusahaan atau organisasi.
    4. Sarana peningkatan SDM, karena dalam pelaksanaannya diperlukan unit kerja yang sistematis serta rerkoordinir berbasis teknologi.

    Apa Tujuan suatu Sistem Informasi Manajemen.

    Informasi manajemen memiliki peran penting dalam pelaksanaan suatu organisasi. Tujuan sistem informasi dalam suatu mamanajemen diantaranya adalah sebagai berikut:

    1. Menyediakan berbagai layanan informasi dalam per-hitungan produk, harga pokok jasa, maupun tujuan lain yang menjadi target manajemen.
    2. Menyediakan layanan yang dapat dipergunakan menjadi media pengendali, perencanaan, evaluasi serta sebagai sarana perbaikan berkelanjutan.
    3. Menyediakan informasi pendukung yang dapat digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan suatu perusahaan.

    Informasi akuntansi manajemen tersebut dapat membantu mereka dalam mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah dan mengevaluasi kinerja yang sudah dilakukan.

    Apa Manfaatnya Sistem Informasi?

    1. Dapat mengantisipasi dan memahami suatu peluang ekonomis sistem informasi yang menerapkan teknologi informasi baru untuk dapat membantu manajemen mengidentifikasi masalah.
    2. Dalam membantu untuk menjamin kualitas dan keterampilan yang di peroleh sumber daya manusia dalam memanfaatkan sistem informasi suatu manajemen.
    3. Kita dapat mudahkan akses data yang telah disediakan secara akurat dan real time (tepat waktu)
    4. Bagi para user tanpa perlu melalui perantaraan sistem informasi secara langsung.
    5. Dapat mengembangkan perencanaan yang lebih maksimal dan efektif.
    6. Dapat membantu menganalisis palaksanaan kebijakan program dan mengidentifikasi keperluan pendukung pada sistem informasi.
    7. Dapat memperbaiki produktifikasi dan pengembangan dalam manajemen sistem, serta pengolahan transaksi untuk meminimalisir biaya dan memaksimalkan pendapatan.

    Adapun fungsi dan tujuan sistem informasi manajemen sistem:

    • Mengumpulkan data dan informasi

    Data dan informasi yang digunakan untuk organisasi pasti akan sangat banyak. Saat pengolahan jelas dibutuhkan waktu dan ketelitian dari orang-orang yang lebih berpengalaman. Dalam hal ini, sistem informasi manajemen dapat diandalkan untuk menentukan informasi yang dibutuhkan untuk menentukan informasi yang dibutuhkan untuk menciptakan keputusan yang nantinya diatur kedalam database.

    Dan data-data tersebut biasanya di jaringan perusahaan dari sumber-sumber dalam maupun luar. Sementara untuk SIM biasanya mengumpulkan sumber internal yang mencakup catatan instansi sehingga laporan yang didapatkan dari publikasi pelanggan, perdagangang, hingga konsultasi.

    • Penyimpanan dan mengatur data instansi

    Database harus segera disimpan dan diolah menjadi sebuah format yang dapat di manfaatkan manajer. Data atau informasi tersebut biasanya disimpan kedalam hard disk komputer atau perangkat lain seperti memori eksternal dan flash disk. Kriteria data dalam SIM harus yang terbayar, maka dari itu database juga patut diperbarui. Caranya itu dapat dilakukan secara manual dengan mengganti yang lama menjadi yang baru. Dengan begitu, perusahan tak akan ketinggalan data maupun informasi yang dibutuhkan untuk menggambil keputusan terpenting.

    • Menyediakan informasi untuk manajer

    Selain dimasukkan di memori atau ruangan penyimpanan yang dapat kita akses dengan cara cepat, data yang telah dikelola memasuki SIM juga harus tersaji dalam format yang mudah di pahami.(Lisda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Sistem Informasi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar