Sumber Ilmu Berharga Yang Bisa Kamu Dapatkan Selain dari Sekolah dan Kuliah

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Kamu pernah mendengar pepatah minang ? pepatah itu  mengatakan bahwa “Alam Takambang Jadi Guru”. Pepatah ini memiliki arti bahwa kita belajar terhadap seluruh alam yang ada di bumi ini atau seluruh alam ini bisa kita jadikan guru atau sumber ilmu untuk kita semua.

    Biasanya kita beranggapan bahwa mencari ilmu hanya dibangku sekolah ataupun melalui kuliah sebaiknya rubah dan geser sedikit konsepnya. Sekolah atau bangku kuliah memang sumber ilmu yang besar, namun banyak diluar itu sumber ilmu dimana nggk akan kamu dapatkan di sekolah ataupun di kampus.

    Sumber ilmu yang kamu dapatkan dari luar selain sekolah ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan hidup kamu dan tentunya kamu dapatkan dengan cara gratis. Nah, muncul pertanyaan apa saja sumber ilmu selain sekolah dan kuliah?

    1. Buku

    Banyak orang yang menjadikan buku sebagai bahan referensi atau tempat belajar bagi mereka. Saat butuh informasi mereka akan mencari buku yang berkaitan dengan pertanyaan. Nah, kamu bisa menjadikan buku sebagai sumber belajar kamu. Dengan banyak membaca buku, maka otomatis kamu akan banyak mendapatkan ilmu pula.

    1. Portal Berita atau Situs Website

    Saat ini kita sama-sama merasakan bagaimana perkembangan teknologi dan tentu banyak sekali sumber bacaan dengan memanfaatkan internet. Banyak sekali portal berita atau situs-situs yang menyediakan beragam ilmu. Nah, kita juga bisa menjadikan ini sebagai sumber ilmu kita.

    1. Teman

    Dengan memiliki teman yang banyak tentu saja mereka memiliki sifat yang beragam pula. Dengan sering berbincang-bincang bersama kamu bisa berbagi ilmu dengan bertukar fikiran dengan teman. Nah, dengan begitu tentu saja akan memperkaya wawasan kamu bukan.

    1. Orang Ahli di Bidangnya

    Orang yang ahli dibidangnya tentu saja akan menjadi sumber ilmu yang sangat bermanfaat. Selain sekolah jika kamu ingin atau membutuhkan sesuatu kamu juga bisa bertanya kepada orang yang ahli di bidangnya. Tentu saja dengan begitu kamu akan mendapatkan solusi serta jawaban yang sesuai dengan pertanyaan kamu.

    1. Menulis Diary

    Jika kamu sering menulis itu akan dapat mengasah otak kamu. Melalui tulisan kamu bisa belajar bagaimana menyusun kata yang baik, menuangkan ide yang kamu fikirkan. Nah, dengan begitu kamu bisa menjadi lebih kreatif tentunya.

    1. Menolong Orang Lain

    Kamu harus rajin memberikan bantuan kepada orang lain dengan kemampuan yang kamu miliki. Melalui bantuan yang kamu berikan otomatis kamu sedang mempraktekan kemampuan kamu tersebut.

    Itulah beberapa sumber ilmu yang bisa kamu dapatkan selain di bangku sekolah maupun kuliah. Semoga bermanfaat.(UT)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sumber Ilmu Berharga Yang Bisa Kamu Dapatkan Selain dari Sekolah dan Kuliah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar