Untuk Para Atasan Inilah yang Membuat Karyawan Tidak Betah Bekerja

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kebanyakan dari kita sering beranggapan jika penyebab hengkang karyawan dari instansi atau perusahaan adalah disebabkan oleh gaji yang tidak cukup alias kecil sehingga memutuskan untuk mencari perusahaan baru.

    Anggapan itu sepenuhnya tidak salah, namun untuk para pak bos atau atasan ketahui tidak selalu karyawan hengkang disebabkan gaji yang kecil melainkan faktor lainnya. Para bos atau atasan harus jeli dan memperhatikan hal ini untuk menjaga karyawan yang profesional bisa bertahan.

    Karena pada dasarnya, karyawan merupakan faktor penting atau yang sangat berperan dalam kemajuan sebuah perusahaan. Berikut beberapa faktor yang para atasan atau bos harus ketahui penyebab karyawan tidak betah bekerja.

    1. Membangun Kepercayaan

    Membangun sebuah kepercayaan memang adalah hal yang sangat sulit. Namun, tidak adanya kepercayaan terhadap karyawan juga menjadi dilema dan bagaimana bisa perusahaan akan maju dan berkembang jika anda para atasan tidak mempercayai karyawan anda sendiri. Untuk itu, sudah sepatutnya anda memberi kepercayaan terhadap karyawan anda dalam melakukan tanggung jawabnya.

    1. Membangun Hubungan Kerja Sama

    Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa kita selaku manusia tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri karena kita makhluk sosial. Sudah sebaiknya para atasan dan karyawan menjalin kerja sama yang baik. Saat anda selaku atasan atau bos merasa mentok dan butuh bantuan, anda bisa bekerja sama dengan bertukar pikiran dengan karyawan anda untuk kemajuan usaha/ bisnis dan juga bisa diluar jam kerja berdiskusi masalah lain selain pekerjaan.

    1. Menjaga Relasi dengan Client

    Meskipun perusahaan anda adalah perusahaan besar, anda tetap harus menjaga hubungan baik dengan client. Selaku bos atau atasan anda harus menghilangkan sikap arrogant atau sombong apabila perusahaan anda banyak dibutuhkan orang lain dan jangan mengabaikan client. Apabila anda mengabaikan client tentu saja anda juga akan mengabaikan karyawan yang bekerja dengan anda.

    1. Membimbing Bukan Memerintah

    Kebanyakan bos selalu bersikap memerintah. Dia akan menyuruh bawahannya ini dan itu tanpa membimbing. Apabila karyawan salah dia akan marah dan menuntut untuk diperbaiki. Sikap ini harus anda hilangkan dan tentu saja akan membuat karyawan anda tidak betah bekerja dengan anda. Usahakan sebagai bos atau atasan anda harus merangkul karyawan anda. Meskipun demikian anda juga tetap harus tegas terhadap aturan yang sudah ditetapkan perusahaan anda.

    Itulah beberapa faktor yang sebenarnya membuat karyawan anda sering tidak betah bekerja pada perusahaan anda. Faktor mereka berhenti atau pindah dari perusahaan tentu tidak semata-mata karena uang saja. Semoga anda yang saat ini menjabat sebagai atasan atau bos bisa mempraktekkannya dan membuat perusahaan anda lebih maju dan berkembang.(UT)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Untuk Para Atasan Inilah yang Membuat Karyawan Tidak Betah Bekerja
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar