Menteri Luar Negeri China Wang Yi Akan Kunjungi RI Pekan Ini

Daftar Isi

    Foto: Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (Istimewa)

    Lancang Kuning – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pekan ini. Wang dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

    "Menteri Luar Negeri Wang Yi akan melakukan kunjungan resmi ke Myanmar, Indonesia, Brunei dan Filipina dari tanggal 11 hingga 16 Januari," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dikutip Global Times.

    Menurut para pengamat, kunjungan Wang Yi ke negara-negara di Asia Tenggara menunjukkan bahwa China mengalihkan lebih banyak fokus diplomasi ke negara tetangga, yang akan membantu mengonsolidasikan persahabatannya dengan negara-negara, setelah melalui kemunduran dalam beberapa tahun terakhir.

    Rencananya selama berada di Indonesia, Wang Yi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi serta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Kendati demikian, hingga kini belum ada informasi resmi mengenai kegiatan resmi Wang Yi selama berada di Jakarta.

    Sebelumnya, Indonesia dan China sepakat untuk meningkatkan kolaborasi internasional dalam penanganan COVID-19, khususnya dalam menjamin rantai pasokan bahan baku produksi obat dan pengembangan vaksin.

    China merupakan investor asing terbesar kedua setelah Singapura, dengan nilai US$4,7 miliar pada 2019. Menlu Retno menyebut jumlah ini merupakan peningkatan 95 persen dari tahun sebelumnya. Untuk Januari hingga Juni 2020, tercatat nilai investasi China di Indonesia mencapai US$2,4 miliar. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Luar Negeri China Wang Yi Akan Kunjungi RI Pekan Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar