Ini Tahapan Awal Penerima Vaksin Covid-19

Daftar Isi

    Foto: Menkes RI Budi Gunadi Sadikin. 

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan tahapan awal bagi prioritas penerima vaksin Covid 19. Disampaikannya, tahapan vaksinasi Covid ini juga berlaku di seluruh dunia.

    "Pada tahapan pertama vaksinasi dilakukan kepada tenaga kesehatan. Ini juga berlaku di seluruh dunia sama," jelasnya saat rapat koordinasi (Rakor) kesiapan vaksinasi Covid 19 dan kesiapan penegakan protokol kesehatan (Prokes) secara virtual, yang diikuti Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, di Rumah Dinas  Wagubri, Selasa (05/01/2021), dikutip dari mediacenterriau. 

    Ia menerangkan berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan terdapat 1,6 juta tenaga kesehatan pada 34 provinsi. Pihaknya juga meminta kepada Kepala Daerah seluruh provinsi juga membantu tenaga medis terkait rekonsiliasi datanya, sehingga tenaga medis yang ada di provinsi  masing-masing telah mendapatkan vaksinasi.

    Selanjutnya, pada tahap kedua yaitu petugas pelayanan publik. Petugas publik adalah orang-orang tugas atau kerjanya sehari - hari bertemu dengan banyak orang. Seperti TNI, aparatur pemerintah, supir taxi, supir ojek online, atau petugas di bandara atau pelabuhan. 

    "Mereka itulah petugas publik, yang tugasnya bertemu banyak orang," katanya.

    Menteri Budi Gunadi mengatakan tahap awal vaksinasi setelah tenaga kesehatan, vaksinasi dilanjutkan kepada masyarakat usia 18-59 tahun. Sedangkan masyarakat 60 tahun keatas akan dilakukan vaksinasi setelah mendapatkan informasi  keamanan vaksin untuk kelompok umur tersebut.

    "Hal ini juga karena vaksin yang awal datang sinovac itu untuk batasan 59 tahun, jadi yang berusia 60 tahun kita harapkan semoga pada vaksin selanjutnya bisa dilakukan," ujarnya. (LK)Riau Riau 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Tahapan Awal Penerima Vaksin Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar