Pemko Pariaman Gelar Rakor untuk Intervensi Stunting

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Kota Pariaman---Berdasarkan catatan World Health Organization (WHO) tercatat 7,8 Juta dari 23 juta balita penderita stunting atau sekitar 35.6% di Indonesia. Sehingga adanya warning dari WHO agar Indonesia segera  memerangi stunting.  

    Sedangkan di Kota Pariaman tercatat 7.228 jumlah balita yang ada dan 863 balita (11.1%) menderita stunting pada tahun 2017. Untuk itu Pemerintah Kota Pariaman terus berupaya melakukan intervensi masalah stunting

    Hal ini terungkap saat rapat koordinasi dalam rangka intervensi penurunan stunting yang diadakan oleh Pemerintah Kota Pariaman di ruang pertemuan Hotel Safari Inn, Selasa (5/6/2018).

    Walikota Pariaman Mukhlis Rahman yang membuka secara resmi acara tersebut mengatakan faktor penyebab stunting salah satunya adalah buruknya asupan gizi sejak janin masih dalam kandungan (masa hamil), baru lahir, sampai anak berusia dua tahun.

    “Kekurangan gizi pada dua tahun pertama kehidupan dapat menyebabkan kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki. Sehingga investasi gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan merupakan kewajiban yang tak bisa ditawar”, terangnya.

    Lebih lanjut Mukhlis menjelaskan bahwa intervensi gizi perlu dilakukan dalam bentuk edukasi secara berkesinambungan kepada masyarakat, terutama orang tua.

    “Orang tua harus paham betul kebutuhan nutrisi anak, makanan yang baik dan tidak baik serta tidak terpengaruh gaya hidup yang serba instan serta iklan-iklan produk makanan anak yang kadang menjanjikan hal yang berlebihan”, tambahnya.

    Ia mengatakan penurunan stunting merupakan tugas bagi kita bersama karena hal ini terkait dengan masa depan anak kelak yang menjadi estafet pembangunan bangsa.

    “Mari kita aktifkan kembali kerja Tim Kesehatan Ibu Peduli Anak Sehat (KIPAS) di Kota Pariaman agar upaya penurunan stunting menjadi optimal”, pungkasnya mengakhiri. (MC/dos)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemko Pariaman Gelar Rakor untuk Intervensi Stunting
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar