Tips Agar Tidak Boros Belanja Jelang Lebaran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Beberapa hari Ramadhan berlangsung tepatnya saat menjelang Lebaran, kita membutuhkan banyak persiapan untuk menyambut lebaran.

    Banyak kebutuhan yang harus dibeli. Harapannya saat lebaran segala keperluan kalau bisa adalah serba baru. Hal itu dibuktikan banyak pusat perbelanjaan yang rame jelang lebaran.

    Apalagi banyak sekali diskon yang ditawarkan saat jelang lebaran yang membuat para wanita terutama ibu-ibu kalap sehingga hampir memborong hal yang mereka anggap murah karena diskon tersebut.

    Tapi, sadarkah ternyata itu semua membuat keuangan menipis dan boros sehingga saat lebaran akan kebingungan. Tentu saja hal itu tidak diinginkan bukan? Berikut beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber cara hemat belanja jelang lebaran.

    1. Hitung Keadaan Keuangan Keluarga

    Hal pertama yang harus kamu lakukan agar tidak boros jelang lebaran adalah, kamu harus menghitung keadaan keuangan keluarga kamu. Jika kamu tahu fakta dari keuangan keluarga kamu akan sedikit lebih mampu menahan keinginan kamu. Sebenarnya tips ini lebih tepat untuk para ibu-ibu rumah tangga.

    1. Pisahkan Keuangan Sesuai Kebutuhan

    Setelah kamu menghitung keadaan keuangan keluarga, kamu harus memisahkan keuangan sesuai kebutuhan. Misalnya berapa persen untuk perlengkapan dapur, dan berapa kebutuhan lainnya. Jadi saat ingin berbelanja kebutuhan perlengkapan lebaran misalnya, kamu hanya akan membawa uang yang memang sudah kamu pisahkan untuk itu. Jika kamu melakukan tips ini kamu akan sedikit terbebas dari namanya kalap saat belanja.

    1. Buat List Keperluan

    Jika keuangan sudah dipisahkan, sebaiknya sebelum berbelanja buatlah daftar belanjaan terlebih dahulu. Dengan adanya daftar belanjaan yang dibutuhkan kamu akan menggunakan uang sesuai yang ada daftar kebutuhan kamu, sehingga kamu bisa menghindari membeli yang tidak dibutuhkan.

    1. Cari Referensi Sebelum Berbelanja

    Sebelum berbelanja tidak ada salahnya mencari referensi terlebih dahulu, misalnya menanyakan kepada tetangga yang sudah membeli sebelumnya atau mencari informasi tersebut melalui internet. Sehingga kamu bisa berjaga-jaga.

    1. Utamakan Keperluan

    Utamakanlah keperluan yang benar-benar dibutuhkan saat berbelanja. Kurangi membeli hal yang nantinya akan sia-sis dan tidak digunakan.

    1. Cobalah Untuk Menawar

    Harga murah adalah incaran para ibu-ibu bukan, jadi saat berbelanja tidak ada salahnya untuk menawar agar mendapatkan harga yang lebih miring.

    Itulah beberapa tips agar hemat berbelanja jelang lebaran. Semoga bermanfaat.(UT)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Agar Tidak Boros Belanja Jelang Lebaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar