Kasus COVID-19 Melonjak, Korsel Kerahkan Pasukan Militer

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi vaksin COVID-19. (Pixabay/Elchinator)

    Lancang Kuning – Pemerintah Korea Selatan akan mengerahkan pasukan militer ke Ibu Kota Seoul untuk membantu petugas kesehatan menghadapi lonjakan COVID-19. Korsel mencatat penambahan 689 kasus baru dalam sehari serta jumlah kematian yang meningkat.

    Menurut data Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), dari kasus baru tersebut, 673 di antaranya ditularkan secara lokal. Dengan demikian, negara itu kini mencatat total 40.786 kasus virus COVID-19. 
    Sementara itu, total pasien meninggal sebanyak 572 orang.

    Lonjakan kasus ini menjadi pukulan baru bagi sistem kesehatan Korsel. Selama beberapa bulan terakhir, Korsel berhasil menggunakan sistem pelacakan invasif, test kesehatan dan karantina, untuk menghindari lockdown dan mencegah gelombang terbaru COVID-19.

    Dilansir dari Channel News Asia, Jumat 11 Desember 2020, jumlah pasien dalam kondisi serius atau parah telah mencapai angka 170 orang. Hal ini membuat otoritas kesehatan harus berupaya keras, lantaran kapasitas rawat inap dan karantina yang semakin menipis.

    Perdana Menteri Chung Sye-kyun mengatakan akan mengirimkan sekitar 800 petugas militer, polisi dan pemerintah di setiap distrik di wilayah Seoul, untuk membantu melacak pasien suspek virus corona.

    "Pada akhirnya untuk meredam gelombang ini, adalah kunci untuk meraih kemenangan dalam upaya pencegahan virus di wilayah Seoul yang lebih luas," jelas Chung.

    Di Korsel, mayoritas kasus baru telah dilaporkan terjadi di Seoul, ibu kota pelabuhan Incheon dan Provinsi Gyeonggi yang memiliki total populasi sebanyak 13,5 juta orang.

    Dikutip dari worldometers.info, meski jumlah kasus positif naik, tapi jumlah kasus sembuh di Korsel juga bertambah. Hingga per Jumat, 11 Desember 2020, sudah 31.157 pasien sembuh di Korsel. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kasus COVID-19 Melonjak, Korsel Kerahkan Pasukan Militer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar