310 Anggota Linmas Kota Pariaman Diberikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Daftar Isi

    Lancangkuning.com, Kota Pariaman --- Untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu kepala daerah (Pilkada) Kota Pariaman 2018 yang akan berlangsung tanggal 27 Juni 2018 mendatang, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas).

    Pelatihan yang diikuti oleh Linmas Desa dan Kelurahan se Kota Pariaman itu dilaksanakan di Aula Islamic Center Kp. Baru Pariaman tersebut diikuti oleh 310 orang peserta, Selasa (8/5/2018).

    Walikota Mukhlis Rahman menyampaikan bahwa  pelatihan ini memiliki arti penting karena selain untuk peningkatan kapasitas serta pembekalan keterampilan dasar bagi anggota linmas/dubalang, maka pelatihan ini juga akan menciptakan tenaga-tenaga pengamanan yang terlatih dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat, khususnya dalam menghadapi Pilkada 2018.

    Dikatakanya bahwa keamanan bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab dari linmas/dubalang saja, tetapi juga memerlukan peran serta seluruh lapisan masyarakat.

    "Kesuksesan dan keberhasilan Pilwako 2018 akan terwujud bila ada kerjasama dan koordinasi dari kita semua", ucapnya.

    Kepada peserta ia berharap, agar pelatihan diikuti dengan serius dan sungguh-sungguh. Sehingga setelah diadakan pelatihan ini, peserta pelatihan akan lebih memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota linmas/dubalang di Kota Pariaman, terkhusus untuk persiapan menghadapi pemilikada tahun 2018.

    Sementara itu Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Handrizal Fitri, peserta kegiatan tersebut terdiri dari Satlinmas Desa/kelurahan se-Kota Pariaman.  Setiap desa/kelurahan mengirimkan anggota Linmas yang akan ditugaskan untuk menjaga keamanan di masing-masing TPS sebanyak 2 orang per TPS.

    "Menurut data KPU jumlah TPS di Kota Pariaman berjumlah 155 TPS, sehingga peserta dalam kegiatan ini berjumlah 310 orang", terangnya.

    "Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 8 s/d 9 Mei 2018, adapun narasumbernya berasal dari Kodim 0308, Polres Kota Pariaman, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Satpol PP Kota Pariaman", tambahnya.

    Handrizal berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan motivasi anggota satlinmas untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum di desa maupun kelurahan masing-masing mereka bertugas sehingga terciptanya proses pilkada yang aman dan tertib pada bulan Juni mendatang.

    "Kepada kepala desa maupun lurah diminta agar tidak ada perubahan lagi terhadap anggota Linmas yang akan ditugaskan menjaga keamanan di TPS nantinya", tutupnya. (rel/dos)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 310 Anggota Linmas Kota Pariaman Diberikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar