Ini Catatan Fraksi PKB, PKS Disahkannya APBD Inhu 2021

Daftar Isi

     

    Foto: penandatangan persetujuan berita acara Perda APBD tahun 2021

    Lancang Kuning, INHU - Meski menyetujui APBD tahun 2021 sebesar Rp 1,4 triliun lebih. Dua Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau memberikan catatan untuk Pemerintah Daerah. 

    Baca Juga: DPRD Inhu Sahkan APBD 2021 Sebesar Rp 1,4 Triliun

    Catatan itu dibuat oleh fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang dibacakan oleh perwakilan Banggar DPRD Inhu Rosman Yatim, Sabtu (28/11). 

    Berikut bunyi catatan dari fraksi PKB: 

    1. fraksi PKB mengucapkan terimakasih kepada presiden Joko Widodo Datuk Sri Setia Amanah Negara dan Gubernur Riau Syamsuar atas masuknya anggaran senilai Rp1,2 milyar untuk pembiayaan pekerjaan pembangunan Jalan Petar - Selunak Peranap menuju Kecamatan Batang Peranap yang bernama jalan Dwi Marta yang sudah berulang kali roboh akibat diterjang banjir.

    2. fraksi PKB menemukan selisih anggaran di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Dinas Ketahanan Pangan, anggaran tahun 2021 berkurang dari tahun sebelumnya 2020. Padahal, dua OPD tersebut dinilai bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

    3. Ditemukan anggaran senilai Rp5,7 milyar dengan mata anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) di OPD Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), fraksi PKB tidak bertanggung jawab terhadap nilai anggaran tersebut, sebab ditemukan juga anggaran tersebut pada tahun 2020 sebesar Rp500 juta.

    Selanjutnya, Rusman Yatim bacakan pandangan umum fraksi PKS terhadap APBD Inhu tahun 2021. Diantaranya, OPD masih banyak menggunakan anggaran daerah yang bersifat konsumtif dan seremonial padahal suasana daerah masih dalam Pandemi Covid-19. 

    Baca Juga: Polisi Sekat Jemaah yang Mau ke Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

    Kemudian, meminta honorer Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) agar  ditambah, sebab saat ini honorer perangkat desa itu hanya Rp200 ribu/bulan.

    Sisi lain, fraksi PKS sangat menyayangkan tidak masuknya anggaran untuk pembangunan pasar Sri Gading Airmolek dalam APBD tahun 2021, serta dana hibah untuk LAMR Kabupaten Inhu. (Dan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ini Catatan Fraksi PKB, PKS Disahkannya APBD Inhu 2021
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar