Menteri Pariwisata Arief Yahya Kalungkan Selendang Pemenang Pertama PPPN 2018 dari Bujang Riau

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Acara pemilihan PPPN 2018 kali ini mengangkat tema Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism, dilenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia, yang dimaksudkan sebagai ajang pemberdayaan generasi muda dalam berkontribusi bagi pemasaran serta promosi pariwisata Indonesia.

    Arya Purnama (21) bersama rekanya, Zakia Sanla (22) berhasil membawa nama Riau dimata nasional. Pasalnya pada Jumat (27/4) bujang dan dara dari bumi melayu lancang kuning itu berhasil di nobatkan sebagai Putra-Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Jakarta, pada Jumat (27/4) malam.

    Pada malam final yang spektakuler itu, Bujang Riau Arya Purnama bersama Ni Wayan Ika Mahayani (Bali) berhasil menjadi juara satu PPPN 2018, sementara itu Dara Riau tahun 2017, Zakia Sanla, harus puas terpilih sebagai pemenang ke-tiga Putri Argo Wisata Indonesia dan putri pariwisata fotogenik.

    ”Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT, terima kasih yang sebesar-besarnya saya haturkan juga kepada kedua orang tua saya, Kementrian Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Generasi Pesona Indonesia serta seluruh masyarakat Riau dan berbagai pihak yang telah mendukung, tidak dapat saya sebutkan satu persatu, Alhamdulillah saya dapat membawa harum nama Riau di pemilihan putra putri pariwisata nusantara 2018. Kemenangan ini saya persembahkan untuk Riau,” kata putra pariwisata nusantara, yang juga terdaftar sebagai anggota di komunitas Generasi Pesona Indonesia, Arya Purnama, pada Sabtu (28/4) malam di Jakarta.

    Dalam acara grand final Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, didampingi Ketua Yayasan El John Indonesia, Johnnie Sugiarto,  mengalungkan selendang putra-putri pariwisata nusantara kepada Arya Purnama (Riau) dan Ni Wayan Ika Mahayani (Bali), setelah keduanya terpilih sebagai pemenang pertama PPPN 2018.

    Menpar mengapreasiasi kegiatan ini, dimana nantinya para peserta bisa menjadi duta wisata atau endorsers untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata. Selain itu tema PPPN 2018 yang menaja ’Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’ menurut Arief Yahya, selaras dengan program pembangunan nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widido ingin mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan juga mempresentasikan program Kemenpar yang menempatkan wisata bahari sebagai salah satu produk unggulan.

    “Kita mentargetkan kontribusi wisman wisata bahari sebanyak 4 juta, 500 ribu di antaranya adalah wisman kapal pesiar (cruise). Wisata bahari atau marine tourism menjadi salah satu produk wisata unggulan Indonesia yang dikenal sebagai negara marine destination kelas dunia.,” kata Menpar.

    “Putra-Putri Pariwisata Nusantara bisa menjadi duta wisata atau endorser untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Kegiatan ini bisa menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang diterapkan Kementerian Pariwisata dengan menggunakan pendekatan POSE (Paid, Owned, Social Media, dan  Endorser),” kata Menpar Arief Yahya pada saat memberikan keterangan persnya di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata, Jumat (27/4/2018).

     Ajang PPPN 2018 melalui proses penyaringan yang lumayan ketat, dan masuk sebagai finalis sebanyak 46 orang (23 Putra dan 23 Putri) dari 25 provinsi di Indonesia, selanjutnya para peserta memasuki masa karantina di Jakarta pada 18 hingga 28 April 2018 lalu. Selama masa karantina para finalis PPPN 2018 ini diberikan pembekalan diantaranya tentang peningkatan kepribadian, entrepreneur hospitality, serta workshop  penulisan di medsos dan media lainnya. Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) 2018 memiliki kriteria Goodlooks, Briliant, Ethics. Atau 4R Raga, Rasio, Rasa, Ruh.

    Selain itu, putra-putri pariwisata nusantara yang terpilih adalah generasi milenial/zaman now. Maka dari itu mereka didorong untuk bergabung dengan GenPI. Merupakan pengguna media sosial, aktif promosi pariwisata di medsos, mempromosikan Destinasi Digital (Instagramable) khususnya destinasi wisata bahari. 

    Kepala Dinas Pariwisata  (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman, pada kesempatan ini turut memberikan komentarnya, atas prestasi yang di raih oleh bujang dan dara Riau itu, menurutnya Arya Purnama dan Zakia Sanla memiliki 3B (Brain-Beuty-Behaviour). Putra -putri asal Riau itu yang terbaik dipilih oleh juri ketika ajang pemilihan bujang dara Riau tahun 2017. “Mereka memiliki potensi dan keinginan kuat sebagai anak muda Riau untuk ikut memajukan pariwisata Indonesia khsususnya Riau. Atitude dan dedikasi mereka sangat baik untuk merepresentasikan Riau The Homeland of Melayu (Riau tumpah darah melayu),” kata Kadispar Riau, Fahmizal Usman.
     
    Dengan terpilihnya mereka menjadi Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018, mereka tentunya akan aktif mempromosikan pariwisata Indonesia. Dan pastimya Riau sebagai daerah asal mereka tentunya akan terbangun sinergitas yang baik untuk mendorong pariwisata Riau, karena mereka berdua sudah menjadi duta duta Nasional. (LK/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menteri Pariwisata Arief Yahya Kalungkan Selendang Pemenang Pertama PPPN 2018 dari Bujang Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar