Dispar Riau Gelar Pelatihan Kelompok Sadar Wisata dan Pengelola Objek Wisata

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Dinas Pariwisata Provinsi Riau melalui bidang destinasi, dengan program pengembangan kemitraan tahun 2018 ini, melaksanakan pelatihan kepada kelompok sadar wisata dan pengelola objek wisata, di Pekanbaru 23-29 April 2018.

    Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman, menilai, pariwisata merupakan bisnis yang sangat dinamis, didalamnya dipenuhi tantangan dan persaingan, baik antar negara maupun antar daerah. Untuk menghadapi persaingan itu, perlu terus membenahi kekurangan-kekurangan dan ketertinggalan, seperti aksesibilitas, atraksi dan amenitas (3A) dan sumber daya manusia yang harus ditingkatkan.

    “Banyaknya destinasi wisata di provinsi Riau, merupakan sebuah potensi yang penting untuk dikelola dengan baik. Agar potensi ini dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan daerah, baik dari segi ekonomi, sosial, dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan peraturan menteri pariwisata, nomor 14 tahun 2016, tentang pedoman destinasi pariwisata berkelanjutan,” papar, Kadispar Riau, Fahmizal Usman.

    Pelatihan manajemen pengelolaan destinasi pariwisata merupakan bagian dari penyelenggaraan pariwisata yang terkait langsung dengan jasa pelayanan. Untuk menjadi ujung tombak pelayanan yang prima kepariwisataan di daerah, tentunya aparatur pemerintah daerah dan lima unsur pentahelix yang terkait harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang bidang tugasnya, sehingga manjadi insan pariwisata yang baik, dan mampu memberikan kepuasan bagi siapapun yang dilayaninya.

    Pelatihan manajemen pengelolaan destinasi pariwisata diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari kabupaten/kota se Riau. Langkah positif tersebut juga Menghadirkan narasumber Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Perdesaan dan Perkotaan, Dr. Vitria Ariani, A.Par, PG.Dipl. M.Sc, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman, ST, M.SI, Kepala bidang pengembangan destinasi pariwisata, Dinas Pariwisata Istimewa Yogyakarta, Aria Nugrahadi, M.Eng, pengelola objek wisata Alam mayang Pekanbaru, Drs. Riyono Gede Trisoko, MM, dan moderator wartawan senior harian Kompas, Syahnan Rangkuti. (LK/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dispar Riau Gelar Pelatihan Kelompok Sadar Wisata dan Pengelola Objek Wisata
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar