5 Cara Amankan Mobil dari Gigitan Tikus

Daftar Isi


    Foto: Tikus di mesin mobil. (Dok Toyota) 
     

    Lancang Kuning – Tidak sedikit mobil yang lebih sering menghabiskan waktu di parkiran, ketimbang melintas di jalanan. Biasanya, sang pemilik melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan moda transportasi yang lebih hemat biaya, seperti sepeda motor atau transportasi umum.

    Mobil baru akan digunakan pada akhir pekan, misalnya untuk pergi berlibur atau mengunjungi sanak saudara. Setelah selesai, maka kendaraan tersebut akan dibersihkan dan kemudian diparkir dalam jangka waktu lama.

    Salah satu risiko membiarkan mobil diam selama berhari-hari, yakni dijadikan sebagai sarang hewan. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari semut hingga tikus.


    Hewan pengerat tidak hanya bersembunyi di ruang mesin saja, mereka juga sering menggigit komponen yang ada di dalamnya. Bagian favorit mereka adalah kabel dan benda yang terbuat dari plastik.

    Baca juga: Penangkapan Gus Nur Disorot, Pimpinan Komisi Hukum DPR Bicara

    Untuk mencegahnya, ada lima cara yang bisa dilakukan, seperti dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Hyundai, Sabtu 25 Oktober 2020:

    Baca juga: Polda Riau Segera Proses Hukum Kompol IZ yang Jadi Kurir Sabu


    Pasang jebakan

    Jenis perangkapnya bisa apa saja, mulai dari kurungan hingga lem. Kapur barus juga diklaim bisa mengusir tikus.

    Ultrasound

    Teknologi ini bekerja dengan memancarkan gelombang suara tertentu, yang tidak bisa didengar manusia tapi sangat mengganggu untuk tikus.

    Jaga kebersihan

    Garasi yang kotor akan mengundang tidak hanya tikus, namun juga ular. Kotak-kotak bekas bisa jadi tempat persembunyian hewan pengerat, sedangkan binatang melata senang sembunyi di tempat sempit dan gelap.

    Buka kap mesin

    Dengan melakukan ini, tikus akan merasa tidak tenang karena lokasi persembunyiannya jadi lebih terbuka.

    Sering pindah posisi


    Dengan memindahkan posisi mobil, maka tikus yang bersembunyi akan merasa terancam dan tidak mau lagi masuk ke ruang mesin. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Cara Amankan Mobil dari Gigitan Tikus
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar