Cerita Anies Baswedan yang Merinding Saat Mencium Sehelai Rambut dari Janggut Rasulullah SAW

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Kunjungan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke negara Turki meninggalkan kesan sangat istimewa.

    Anies merasa menjadi tamu yang begitu dihormati. Ia juga langsung disambut presiden Recep Tayyip Erdogan.

    Bahkan Erdogan dengan ramah mengajak mantan menteri pendidikan itu untuk shalat Jumat persis disampingnya dan berada di saf pertama di masjid Ayyub Al-Anshari.

    Namun, yang paling mencenangkan adalah presiden Turki menunjukkan Sehelai Rambut dari Janggut Rasulullah SAW.

    Begini cerita yang ditulis Anies Baswedan dalam akun instagramnya, 19 jam yang lalu, Minggu (22/4/2018) :

    Selesai shalat Jumat, kami berjalan masuk ke ruang kecil dekat Makam Abu Ayyub al-Anshari. Di ruangan itu hanya ada sekitar 20 orang. Presiden Erdogan berada di tengah dan saya duduk di sampingnya.

    Di ruang kecil itu, kami duduk dengan tenang dan khusyuk. Lalu Presiden Erdogan memulai dengan membaca Surat Yaasiin dan kami ikut membaca. Setelah itu beberapa orang imam di ruangan melantunkan ayat suci Al-Quran secara bergantian selama hampir satu jam.

    Sembari para imam dan qari’ melantukan ayat-ayat suci, seorang imam menunjukkan suatu barang yang dibungkus kain berlapis. Saya perhatikan ada lebih dari 10 lapis kain berwarna hijau dan putih yang dipakai sebagai pembungkus.

    Ternyata yang dibungkus itu adalah sebuah botol kecil yang kacanya amat bening dan di dalamnya terlihat sehelai rambut. Botol itu kemudian diletakkan di meja kecil depan Presiden Erdogan, persis di samping tempat saya duduk.

    Setelah rangkaian pembacaan Al-Quran itu berakhir, seorang Imam memimpin doa yang diamini oleh semua dan dipungkasi dengan Presiden Erdogan melantunkan Al-Fathihah & beberapa ayat pembuka Al-Baqarah sebagai penanda bahwa dzikir selesai.

    Presiden Erdogan lalu memegang botol itu dan menciumnya. Kemudian ia berikan botol itu pada saya. Saya pun menciumnya. Semua masih hening, suasananya menggetarkan. Bulu kuduk terasa berdiri; apapun sebabnya tapi faktanya adalah terasa merinding.

    Tahukah apa isinya? Botol yang bening itu menyimpan sehelai rambut dari janggut Rasulullah SAW. Siang itu, kami berdua yang berkesempatan untuk menciumnya.



    Sebuah pengalaman luar biasa. Itu semua terjadi tanpa direncanakan; Allah Sang Maha Pengatur mentakdirkan semua itu terjadi di sebuah masjid yang dekat dengan sejarah perjuangan, Masjid Eyup Sultan.

    Fabiayyi ‘aalaa’i rabbikumaa tukadzdzibaan...

    Atas kebaikan Dubes Turki untuk Indonesia, HE Mehmed Kadri Sander Gurbuz, momen tak terlupakan ini beliau abadikan gambarnya, tepat setelah selesai dzikir.
    (LK/yopi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cerita Anies Baswedan yang Merinding Saat Mencium Sehelai Rambut dari Janggut Rasulullah SAW
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar