Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu, Pemandangannya Eksotis dan Ramah Bagi Para Pendaki Pemula

Daftar Isi

    Objek wisata gunung di Provinsi Bengkulu yang sangat terkenal dan ramah bagi para pendaki pemula adalah Bukit Kaba. Jika menyukai wisata alam maka Bukit Kaba bisa menjadi tujuan wisata bagi para pendaki. Meskipun di provinsi Bengkulu hanya terdapat dua gunung yaitu Bukit Daun dan Bukit Kaba. Kedua bukit ini terletak di Kabupaten Rejang Lebong yang menghijau ditanami sayur dan buah-buahan segar. Dari kedua gunung tersebut Bukit Kaba yang lebih populer, karena terkenal ramah untuk pendaki pemula. 

    Bukit Kaba merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian 1937 Mdpl dan termasuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha. Kondisi alamnya yang masih asri dan alami serta pemandangannya yang cantik menjadikan tempat ini salah satu favorit bagi kalangan pendaki. 

    Di Bukit Kaba ini, wisatawan akan disajikan pemandangan alam berupa hutan hujan trofis yang tergolong masih cukup alami. Di daerah perhutanan ini juga, kita akan menemui berbagai macam satwa endemik dari daerah sekitar. Di puncak bukit ini juga kita akan menemui kawah bukit yang sangat memukau. Lokasi Bukit Kaba sekitar 90 km dari barat Kota Bengkulu.

    Untuk mengunjungi wisata Bukit Kaba ada dua cara yang dapat ditempuh yaitu melalui Kota Bengkulu dan melalui Kota Palembang yaitu melalui Kabupaten Lahat. Jarak tempuh yang dibutuhkan dari kedua jalan ini hampir sama.  Berbagai macam fasilitas telah disediakan oleh kelompok masyarakat sekitar untuk para pendaki seperti fasilitas transportasi, fasilitas penginapan, fasilitas makanan, hingga fasilitas guide.

    Mulanya, kawasan Gunung Kaba merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia. Namun, kini kondisi daerah wisata ini mulai tidak dapat diandalkan sebagaimana tujuan awal dibuat, yakni untuk taman lindung bagi beberapa flora Sumatra. Gunung dengan ketinggian 1.938 m dpl ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis. 

    Puncak Gunung dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing berwarna hijau dan putih kecoklatan. Terdapat dua buah jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak. Jalur pertama menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang penuh semak belukar dengan jurang di kanan-kirinya. Sedang jalur yang lain telah dikeraskan dengan menggunakan aspal. Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak adalah 2-3 jam perjalanan. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Alam Bukit Kaba Bengkulu, Pemandangannya Eksotis dan Ramah Bagi Para Pendaki Pemula
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar