Periksa Data Facebook Kamu Apakah Digunakan Oleh Cambridge Analytica ?

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Untuk para pengguna facebook saat ini mungkin sudah memantau apakah mereka termasuk antara 87 orang yang informasinya mungkin telah dikompromikan untuk digunakan oleh firma riset politik.

    Tentu saja ini berita bagus untuk sebagian orang. "Tampaknya informasi Facebook Anda tidak dibagikan dengan Cambridge Analytica."

    Pemberitahuan muncul di halaman Facebook tentang data pengguna yang terexpos. Perusahaan juga mengatakan akan menempatkan informasi di bagian atas feed berita pengguna.

    Sejak Facebook mulai memberi tahu orang-orang minggu ini apakah mereka pernah masuk ke aplikasi "This Is Your Digital Life", yang telah dikaitkan dengan pemaparan puluhan juta catatan untuk penelitian politik, orang-orang telah berbagi berita tentang apakah data mereka beresiko.

    Di lansir dari npr.org, Mark Zuckerberg sebagi co-founder dan CEO facebook memberi kesaksian di hadapan Kongres minggu ini tentang praktik privasi perusahaannya. Mungkin parktik-praktik itu telah digunakan oleh Cambridge Analytica, sebuah perusahaan penambangan data yang bekerja untuk kampanye Presiden Trump. 

    Untuk beberapa orang, berita tentang data Facebook mereka rumit. Sementara skenario terburuk mungkin adalah kesadaran bahwa seseorang telah masuk. Mungkin antara teman atau kerabat yang bermaksud baik - bagi orang lain, putusannya kurang jelas. ​

    "Berdasarkan penyelidikan kami, Anda tampaknya tidak" masuk ke aplikasi sebelum dihapus pada tahun 2015, satu pemberitahuan membaca - sebelum melanjutkan, "Namun, seorang teman Anda masuk." 

    Pesan selanjutnya mengatakan bahwa informasi dari profil publik pengguna, di samping halaman mereka "suka," ulang tahun mereka dan kota saat ini "kemungkinan dibagikan dengan 'This Is Your Digital Life.' "

    Pemberitahuan itu menambahkan bahwa "sejumlah kecil orang" yang masuk ke aplikasi juga membagikan umpan berita, pos, dan pesan mereka sendiri - yang berarti bahwa pos dan pesan pengguna yang terkena mungkin juga telah disertakan, bersama dengan kampung halaman mereka.

    Selain halaman hasil data Analytica Cambridge, berikut adalah beberapa cara lain untuk memeriksa pengaturan dan akses di Facebook:​

    Tinjau Aplikasi dan Situs

    Pada halaman itu, pengguna dapat melihat dan / atau mengedit jenis informasi yang dibagikan dari akun mereka. Mereka juga dapat menghapus aplikasi atau situs web apa pun yang tidak ingin lagi mereka akses ke informasi mereka. 

    Catatan: Bahkan untuk banyak aplikasi dan situs yang telah kedaluwarsa atau dihapus, Facebook mengatakan bahwa mereka "mungkin masih memiliki akses ke info yang Anda bagikan sebelumnya, tetapi tidak dapat membuat permintaan tambahan untuk info pribadi."

    Dalam bagian dari "Minat Anda" hingga "Informasi Anda" dan "Pengaturan iklan" yang luas, pengguna dapat menyesuaikan jenis iklan yang mereka lihat - dan, dengan mengarahkan kursor ke logo pengiklan, mereka dapat menghapus perusahaan itu.

    Pengguna juga dapat memutuskan informasi apa yang dapat digunakan Facebook untuk menampilkan iklan yang dimaksudkan untuk menjangkau pemirsa tertentu - dari status hubungan ke profesi, pendidikan, dan majikan. 

    Cantuman "Pengiklan yang Anda berinteraksi dengan" memberi nama perusahaan, kampanye promosi, dan entitas lain yang "menjalankan iklan menggunakan daftar kontak yang mereka unggah yang menyertakan info kontak yang Anda bagikan dengan mereka atau dengan salah satu mitra datanya." 

    Mengklik "Hapus" pada salah satu pengiklan itu hanya menyembunyikan iklan mereka - itu tidak menghapus pengguna dari daftar kontak yang pada awalnya menghasilkan koneksi melalui Facebook. 

    Di sini, pengguna dapat menyesuaikan siapa yang dapat melihat profil, foto, dan postingan mereka. Berdasarkan pengaturan privasi, Facebook juga memungkinkan pengguna untuk mengontrol apa yang diposting ke timeline mereka - dan untuk melihat apa yang orang lain dapat lihat ketika mereka melihat profil mereka, dengan menggunakan "View As" tool.(Ulti)

    Sumber : npr.org

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Periksa Data Facebook Kamu Apakah Digunakan Oleh Cambridge Analytica ?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar