Monumen Thomas Parr, Icon Wisata Sejarah Kota Bengkulu Peninggalan Kolonial Inggris

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Monumen Thomas Parr adalah salah satu objek wisata di Provinsi Bengkulu. Monumen ini berdekatan dengan Benteng Marlborough, berjarak sekitar 170 m di sebelah tenggara. Monumen yang berbentuk tugu ini memiliki luas 70 meter persegi dan tinggi 13,5 meter, bangunan ini dibangun oleh pemerintah Inggris pada tahun 1808 sebagai penghargaan untuk memperingati Residen Thomas Parr yang tewas dibunuh rakyat Bengkulu.

    Thomas Parr (1805—1807) merupakan penguasa Inggris ke empat puluh sembilan yang terkenal sangat keji dan kejam, diangkat pemerintah Inggris untuk menggantikan Deputy Governor Walter Ewer (1800—1805). Di masa pemerintahannya, Thomas Parr menerapkan sistem tanam paksa untuk membuka perkebunan kopi di Bengkulu. Sudah tidak dapat dihitung lagi berapa banyak korban jiwa yang melayang selama masa tanam paksa tersebut.

     

    Karena kekejamannya maka, pada sebuah malam, pada tanggal 23 Desember 1807, rakyat Bengkulu menyerbu Mount Felix, rumah peristirahatan Thomas Parr (sekarang Rumah Dinas Gubernur atau Gedung Daerah), untuk membunuh sang Residen. Malam itu ia terbunuh dengan kondisi kepalanya dipenggal dan diarak keliling kota oleh rakyat Bengkulu.

     

    Peristiwa tersebut, menjadikan pemerintah Inggris tidak tinggal diam. Tentara Inggris bertindak keji dan membabi buta, mereka menghancurkan dusun-dusun dan membunuh setiap penduduk yang dijumpai. Tidak hanya itu, hewan ternak pun tidak luput dari amukan tentara Inggris yang kehilangan kendali.

     

    Monumen Thomas Parr memiliki keunikan tersendiri, selain sebagai tugu yang bersejarah monumen ini juga memiliki keunikan aristekturnya. Monumen ini berdenah segi 8 dan memiliki tiang-tiang bergaya corinthian (berbentuk bulat seperti balok kayu yang memiliki makna bahwa bangunan terlihat kokoh dan berwibawa). 

     

    Pintu masuk monumen ini terdapat di bagian depan dan sisi kanan dan kiri, dengan bentuk lengkungan yang sempurna dan tidak mempunyai daun pintu. Terdapat sebuah prasasti pada salah satu dinding di dalam monumen, namun tidak dapat dibaca lagi karena sudah rusak. Dan bagian atas tugu terdapat atap yang berbentuk kubah.

     

    Nilai sejarah monumen ini akan selalu mengingatkan masyarakat Indonesia, Bengkulu khususnya akan besarnya perjuangan rakyat Bengkulu pada pengusiran penjajah Inggris. Kuburan Bulek begitulah rakyat Bengkulu menyebut monumen ini, adalah simbol perjuangan dan persatuan dalam mempertahankan hak dan kemerdekaaan tanah leluhurnya dari penindasan kolonial Inggris. Monumen Thomas Parr ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kota Bengkulu, Propinsi Bengkulu, Indonesia. Tepat di jantung kota Bengkulu. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Monumen Thomas Parr, Icon Wisata Sejarah Kota Bengkulu Peninggalan Kolonial Inggris
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar