Peace Dove Monument, Wisata Kota Padang yang Miliki Makna yang Mengakar

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Tugu Perdamaian Merpati (Peace Dove Monument)  yang ada di kawasan wisata Pantai Padang kini menjadi salah satu objek wisata yang menarik perhatian warga dan kaula muda. Tugu Perdamaian menjadi tempat favorit untuk foto selfie bagi kalangan yang berkunjung. Monumen ini termasuk wisata baru di kota Padang, dan juga memiliki lokasi yang terletak di Pantai Padang menjadikan paduan wisata pantai dan modern. 

    Monumen ini baru diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi pada 12 April 2016, walau sempat ada pihak yang pro dan kontra akan kehadiran Tugu Perdamaian tersebut. Namun semenjak diresmikan banyak sekali kunjungan yang datang baik bagi para pelancong dari dalam negeri dan juga wisata mancanegara. 

    Peace Dove Monument yang berbentuk seperti monumen burung merpati di Taman Muaro Lasak Padang Sumatera Barat ini adalah salah satu kebanggaan masyarakat Padang. Letaknya yang juga berdekatan dengan Taman Muaro Lasak menjadi alternatif berlibur bersama keluarga atau menghabiskan waktu weekand bersama teman-teman di kawasan Pantai Padang.

    Dengan dibangunnya tugu ini menambah kecantikan kawasan pantai padang dan tentunya menambah dan mendatangkan pendapatan ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan kunjungan yang sangat ramai dari waktu ke waktu, tentu para pengunjung sangat menikmati kuliner maupun jajanan yang ada di sekitar kawasan pantai. 

    Monumen ini menggunakan Merpati Sebagai Simbol Perdamaian, merpati dipilih sebagai simbol monumen yang terdapat di atas tugu setinggi delapan meter didesain menyerupai burung dengan teknik origami (seni melipat kertas dari negara Sakura, Jepang). Ini mempunyai makna perdamaian. Burung merpati adalah simbol perdamaian di seluruh dunia tidak hanya di Indonesia saja. 

    Desain yang mirip dengan burung origami memiliki makna, seni merangkai kertas asal Jepang ini merupakan kegiatan yang tidak bisa instan, proses pembuatannya rumit dan sulit, dimana dibutuhkan kesabaran, ketenangan dan ketelitian. Dibalik prosesnya pembuatannya yang sulit, origami sangat mudah dihancurkan. Memiliki makna sama seperti perdamaian yang sulit diciptakan, namun jika tidak dijaga dengan baik-baik maka dengan sangat mudah bisa hancur.

    Secara universal, burung merpati dijadikan simbol perdamaian karena sifat merpati yang tidak agresif. Burung merpati ia tidak pernah membunuh hewan lain untuk mendapatkan makanan. Jika diserang, merpati tidak akan melawan ia memilih untuk menjauh. Burung merpati hewan yang bisa bekerja sama dengan sesama, contohnya ketika membuat sarang, betina dan jantan akan bergantian membawa ranting untuk sarang anak-anaknya. Apabila merpati betina sedang mengerami telur, maka burung jantan berjaga di luar dan apabila betina lelah mengerami, maka merpati jantan menggantikan tugas mengerami. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peace Dove Monument, Wisata Kota Padang yang Miliki Makna yang Mengakar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar