Taman Bekapai, Objek Wisata Balikpapan yang Miliki Tugu dengan Instalasi Seni Modern

Daftar Isi

    LancangKuning.com, Balikpapan - Taman Bekapai adalah salah satu objek wisata yang terdapat di kota Balikpapan. Taman kota ini dihiasi dengan air mancur perunggu di tengah-tengahnya. Keindahan yang dimiliki taman Bekapai dapat dinikmati oleh publik karena taman ini terletak di jantung kota Balikpapan.

    Pemandangan yang apik akan disuguhkan oleh taman ini karena kombinasi air mancur dan cahaya lampu warna-warni yang eksotis memancarkan keindahan pesona taman sebagai salah satu simbol kota Balikpapan sebagai kota minyak.

    Bagi wisatawan yang mengunjungi taman Bekapai dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang telah tersedia, seperti, lampu warna-warni yang sangat indah terpancar saat malam hari, akses wifi untuk para pengunjung, juga tak kalah penting berbagai macam jajanan yang dijual para pedagang dan juga terdapat trek untuk refleksi kaki berupa jalan yang dilapisi bebatuan.

    Lokasi taman berada di jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Taman Bekapai dahulunya merupakan pemukiman padat yang berubah fungsi menjadi taman. Hal ini dikarenakan terjadinya kebakaran besar di pasar klandasan.

    Taman Bekapai dipersembahkan Pertamina dan Total indonesia dan pembangunan dilakukan pada tahun 1997 hingga 1998 dan diresmikan pada tanggal 28 oktober 1998. oleh Walikota Balikpapan, H. Tjutjup Suparna. Taman Bekapai dapat diakses menggunakan angkutan nomor 2 dan nomor 6.

    Nama Taman Bekapai merupakan salah satu area platform offshore milik Total indonesie yang bereksplorasi di selat Makassar. Platform ini sudah memproduksi minyak dan gas sejak tahun 1972.. Bekapai adalah salah satu lapangan minyak yang ditemukan oleh Total E&P Indonesia pada 1972, PT Total merupakan minyak bumi terbaik.

    Penemuan lapangan Bekapai ini merupakan tonggak awal kehadiran Total E&P Indonesia di Indonesia yang terletak di lepas pantai wilayah Provinsi Kalimantan Timur dengan luas area 20 kilometer persegi. Di tengah Taman Bekapai dibangun sebuah tugu yang merupakan pengukuhan Balikpapan adalah kota minyak. Tugu ini merupakan instalasi seni modern yang dibuat dari bahan stainless steel.

    Instalasi ini dilengkapi dengan pencahayaan lampu warna-warni yang menjadikan taman terlihat sangat menarik. Instalasi seni modern tersebut merepresentasikan semburan minyak yang dikelilingi oleh kolam kecil berbentuk lingkaran. Di dalam instalasi  tersebut juga terdapat pancuran air yang mengeluarkan air yang jatuh ke kolam kecil tersebut.

    Taman Bekapai dilengkapi dengan tempat duduk berupa bangku dari semen di berbagai area taman. Di kelilingi pohon palem yang rindang. Dan di tengah taman juga terdapat jalur pejalan kaki berupa bebatuan untuk refleksi telapak kaki.

    Para pengunjung pun tidak hanya muda-mudi, namun juga lansia, guna merasakan manfaat fasilitas tersebut dengan berjalan kaki secara perlahan-lahan. Juga terdapat sebuah peta yang dibuat diatas batu marmer, guna memberikan informasi kepada wisatawan dimana lokasi taman berada. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Taman Bekapai, Objek Wisata Balikpapan yang Miliki Tugu dengan Instalasi Seni Modern
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar