Covid-19 Tak Pengaruhi Ketersediaan Hewan Kurban di Riau

Daftar Isi


     

    Foto: Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Rahmat Setiawan 

    Lancang Kuning, PEKANBARU --- Pemprov Riau memperkirakan jumlah pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 1441H/2020M, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

    Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Rahmat Setiawan mengungkapkan perkiraan jumlah potong hewan kurban tahun ini berada pada kisaran 25-38 ribu ekor.

    "Jumlah ini hampir sama dengan jumlah potong hewan kurban pada tahun sebelumnya," katanya, Selasa, (14/07/2020), dilansir dari MediaCenterRiau

    Pada tahun 2019 lalu, rincian jumlah hewan kurban yang dipotong yakni sebanyak 20 ribu ekor lebih sapi, 3 ribu ekor lebih kerbau, kambing sebanyak 6 ribu lebih dan domba sekitar 260 ekor. Sedangkan estimasi pada tahun ini, sekitar 21 ekor lebih sapi, kerbau 3 ribu ekor lebih, kambing 6 ribu ekor lebih dan sebanyak 200 ekor lebih domba.

    "Yang jelas sesuai dengan petunjuk yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat, bahwa seluruh prosedur pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha nanti, wajib mengikuti protokol kesehatan, sampai pada tahapan distribusi," jelasnya.

    Secara umum, Rahmat menjelaskan, bahwa COVID-19 tidak begitu banyak mempengaruhi pelaksanaan kurban pada tahun ini. Terhadap jumlah permintaan hewan kurban memang terjadi penurunan jumlah deman. Namun dari sisi ketersediaan hewan kurban masih cukup. 

    Adapun kemampuan Riau sendiri untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban pada tahun ini, yakni hanya 24%. Sedangkan 86% lagi disuplai dari daerah lain, seperti NTT, Jawa, Lampung dan daerah lainnya. Dimana pendistribusian hewan kurban ini melalui tol laut. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Covid-19 Tak Pengaruhi Ketersediaan Hewan Kurban di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar