Kritis Usai Operasi, Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia

Daftar Isi

    Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (foto Reuters)

    LANCANGKUNING.COM-Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikabatkan meninggal dunia, kritis usai operasi kardiovaskular.

    Dilansir dari Business Insider, pada Minggu 26 April 2020, spekulasi itu muncul dari beberapa sumber di China dan Jepang.

    Informasi ini belum jelas kepastiannya, karena Pemerintah Korea Selatan yang juga memantau kondisi Korea Utara dengan cermal membantah rumor itu dan mengatakan Kim masih menjalankan negara itu.

    "Tidak ada perkembangan tidak biasa yang terdeteksi di dalam Korea Utara," kata juru bicara Kepresidenan Korea Selatan Kang Min Seok seperti dikutip dari Vivanews.com.

    Pejabat China juga tidak merespon kabar meninggalnya Kim Jong Un ini. Presiden Trump juga mengatakan bahwa berdasarkan laporan intelijen, AS tidak memiliki informasi yang dapat dipercaya mengenai kesehatan Kim.

    Spekulasi mengenai kesehatannya juga memicu pertanyaan tentang siapa yang akan mengambil alih sebagai pemimpin Korea Utara jika Kim meninggal. Sebab, Kim memiliki silsilah keluarga yang rumit dan tiga anaknya dikabarkan terlalu muda memimpin.

    Tapi Kim memiliki saudara perempuannya, Kim Yo Jong, yang dianggap sebagai sosok kuat yang dapat menjalankan negara sementara itu.

    Diketahui, isu kesehatan Kim pertama kali muncul pada 15 April 2020, ketika dia tidak muncul pada perayaan kelahiran Kim Il Sung, kakeknya dan pendiri Korea Utara. Ulang tahun adalah hari libur paling penting di negara ini.

    Kemudian, desas-desus meningkat ketika sebuah media Korea Selatan menerbitkan sebuah cerita yang melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara telah menjalani operasi jantung dan sedang pulih di sebuah villa di luar Pyongyang, ibu kota negara itu. 

    Tak hanya itu, Reuters melaporkan pada Jumat bahwa China mengirim tim ahli medis untuk melakukan perjalanan ke Korea Utara dan memberi nasihat tentang kesehatan Kim, mengutip tiga sumber. 

    Sedangkan, Pengamat Korea Utara Anna Fifield mengatakan bahwa salah satu faktor risiko terbesar Kim adalah kesehatannya yang buruk, terutama risiko dari masalah jantung karena beratnya yang besar.

    "Pemimpin muda itu tampak seperti serangan jantung yang menunggu untuk terjadi dan jelas memiliki masalah," tulis Fifield. Ia juga mencatat bahwa pemimpin Korea Utara adalah perokok berat.(rie)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kritis Usai Operasi, Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar