Ibunda Nunung Meninggal karena Kanker Lidah, Ini Faktor Risikonya

Daftar Isi

     

    Foto: Nunung dan Almarhumah ibunda

    Lancang Kuning, JAKARTA - Ibunda dari komedian Nunung dilaporkan meninggal dunia pada hari Minggu (19/4/2020). Selama ini sang ibunda dirawat di rumah sakit karena penyakit kanker lidah.

    Baca Juga: Kelaparan karena Corona, Satu Keluarga di Serang 2 Hari Cuma Minum Air Galon

    "Iya betul (meninggal) pukul 14:00 di kediaman di Solo," kata putra Nunung, Bagus Permadi, lewat pesan singkat.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Dikutip dari WebMD, kanker lidah biasanya bisa dibedakan menjadi dua jenis. Pertama kanker yang mudah terlihat karena berada di bagian lidah sekitar rongga mulut dan kedua kanker yang berada di pangkal lidah dekat tenggorokan.

    Baca Juga: Gak Peduli Corona, Buruh Tetap Demo Besar-besaran 30 April Kepung DPR

    Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker lidah mulai dari infeksi virus hingga kebiasaan malas gosok gigi. Berikut penjelasannya:

    Baca juga: Tempat Wisata di Riau |

    1. Infeksi HPV

    Infeksi dari human papillomavirus (HPV) diketahui bisa menyebabkan timbulnya kanker lidah. Virus yang sama juga dikenal dapat menyebabkan kanker serviks bila menginfeksi organ intim wanita.

    2. Merokok

    Merokok jadi salah satu faktor yang disebut-sebut bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker secara umum. Termasuk salah satunya kanker lidah.

    3. Konsumsi minuman beralkohol

    Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bersamaan dengan merokok disebut oleh satu studi dalam jurnal Alcohol 2005 bertanggung jawab terhadap sekitar 75 persen kasus kanker pada bagian saluran napas dan pencernaan atas.

    "Penyebabnya kemungkinan karena alkohol dapat mempengaruhi kemampuan sel berkembang lewat jalur intraseluler dan interselular," tulis peneliti.

    4. Jarang bersihkan gigi dan gusi

    Studi di jurnal Cancer menemukan orang-orang yang memiliki tingkat kebersihan rongga mulut buruk lebih berisiko mengalami infeksi oral. Peneliti menemukan tingkat infeksi HPV yang bisa menimbulkan kanker lidah lebih banyak ditemukan pada orang yang kebersihan rongga mulutnya "buruk".

    5. Genetik

    Sama seperti kasus-kasus kanker lain, para ahli menyebut kemungkinan ada faktor genetik yang turut berperan dalam kemunculan penyakit kanker lidah pada beberapa orang.

    Mereka yang di dalam keluarganya punya kerabat yang mengidap kanker kemungkinan juga akan lebih berisiko. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ibunda Nunung Meninggal karena Kanker Lidah, Ini Faktor Risikonya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar