Dasar-dasar Kesehatan Ternak Ruminansia

Daftar Isi

    Lancang Kuning Yang menjadi dasar dari kesehatan ternak ruminansia ada beberapa dimulai dari pakan, kebersihan kandang, dan cara perawatan dari ternak tersebut. Ketiga faktor diatas mempengaruhi kesehatan pada ternak ini. Hal ini yang menjadi hal yang paling mendasar bagi kesehatan ternak jenis tersebut. Ternak ruminansia sendiri ialah jenis ternak seperti sapi, kemudian kambing, kerbau, dan domba. Ternak-ternak tersebut ialah ternak yang tidak asing lagi kita lihat.

    Beberapa ternak tersebut merupakan jenis ternak yang banyak dipelihara dan menjadi pilihan oleh banyak peternak. Dasar dari kesehatan tenak ini dimulai dari makanan ternak atau pakan. Makanan atau pakan dari ternak ini menjadi dasar dan kunci utama yang memiliki pengaruh yang besar.

    Mengapa demikian, hal ini karena makanan merupakan unsur yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangan dari ternak. Oleh karena itu pakan menjadi salah satu dasar kesehatan yang perlu diperhatikan. Berikutnya yang menjadi dasar dari kesehatan ternak ini ialah kebersihan kandang. Kesehatan akan selalu berkaitan dengan kebersihan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Oleh karena itu, penting menjaga kebersihan dari kandang. Dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama menjaga kebersihan dari kandang ternak maka, kemungkinan terjadinya penyakit pada ternak dapat dihindari. Terakhir ialah cara perawatan. Kesehatan ternak didasari oleh cara merawat dan menjaga. Selain yang menjadi dasar ialah pakan dengan kebersihan, hal lain yang mendasarinya ialah cara merawat. Selain perlu memperhatikan pakan serta kebersihan lingkungan ternak.

    Cara merawat ternak juga perlu diperhatikan. Merawat ternak dengan baik akan memaksimalkan dasar sebelumnya. Karena, dengan merawat ternak terdapat sejumlah dampak positif yang akan didapat. Diantaranya seorang peternak akan mengetahui perkembangan dan pertumbuhan ternak dengan lebih baik. Peternak akan mengetahui apa saja kebutuhan yang akan membantu perkembangan ternak.

    Dan yang paling penting, peternak dapat mengetahui gejala dari penyakit. Jika terdapat ternak yang mengalami penyakit. Dengan adanya, ketiga dasar tersebut maka dasar-dasar dari kesehatan ternak telah terpenuhi.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Meskipun demikian masih banyak dasar lain yang mempengaruhi faktor dari kesehatan ternak. Dasar kesehatan ternak sendiri ialah ilmu yang membahas hal dasar dari ternak dan budidaya. Biasanya meliputi penelusuran dari penyebab terjadinya penyakit.

    Penyakit yang ditelusuri tersebut bisa yang menginfeksi maupun yang tidak menginfeksi. Mencari tahu ternak yang sehat dan juga mencari tahu seperti apa ternak yang tidak sehat. Kemudian mencari tahu cara mengobati dan penanganan terhadap ternak yang terkena penyakit maupun yang dalam kondisi sakit. Ternak jenis ini berbeda dengan jenis ternak lainnya.

    Mengapa demikian, jenis ternak seperti unggas tidak dapat memanfaatkan bahan yang terdapat kandungan nitrogen dalam pakannya. Sedangkan ternak ruminansia sebaliknya, ternak ini dapat memanfaatkan hal tersebut dengan optimal. Walaupun ternak ini mampu untuk memanfaatkan pakan namun, beberapa peternak ada yang menggunakan serta memberikan ternak mereka dengan pakan yang sudah difermentasikan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Contoh dari makanan ternak jenis ini yang telah difermentasi seperti ampas tahu, memberikan ternak pakan yang telah difermentasi karena suatu alasan. Yang pertama pakan hijau seperti rumput pada kawasan tersebut sedikit atau terbatas. Dengan mencari pengganti seperti pakan yang telah difermentasi maka masalah tersebut dapat diatasi.

    Alasan berikutnya ialah mempermudah ternak agar dapat mencerna makanan dengan baik. Meskipun jenis ternak ini mampu untuk memanfaatkan pakan hijau seperti rumput dengan baik, akan tetapi dengan memberi pakan yang telah difermentasi tentunya akan memberikan kelebihan tersendiri. Kelebihan tersebut ialah perkembangan dan pertumbuhan ternak yang menjadi lebih cepat.

    Pakan hijau mungkin dapat dicerna dengan baik. Namun bagaimana jika pakan fermentasi. Tentu hasilnya dua kali lipat dari pakan hijau. Ketiga dasar kesehatan ternak diatas saling berkaitan satu sama lain. Kombinasi dari ketiganya akan memberikan pengaruh yang positif.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dasar-dasar Kesehatan Ternak Ruminansia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar