Teori Konspirasi, COVID-19 Diciptakan China untuk 'Menyaingi' Amerika

Daftar Isi

    Foto: Teori Konspirasi Virus Corona. (The Union Journal)

    Lancang Kuning – Beberapa waktu belakangan muncul rumor bahwa COVID-19 diduga berasal dari laboratorium di Wuhan, China. Meski bukan sebagai senjata biologis, virus corona itu diduga sebagai upaya propaganda China untuk menunjukkan kemampuannya untuk mengidentifikasi dan memerangi virus, sama atau lebih besar dari kemampuan Amerika Serikat.

    Salah satu sumber mengatakan kondisi saat ini merupakan upaya “cover-up” (menutup-nutupi) pemerintahan paling merugikan sepanjang masa. Sementara sumber lainnya menyebut transmisi awal virus adalah dari kelelawar ke manusia, dan bahwa 'pasien nol' yang menyebar virus adalah pekerja laboratorium yang masuk ke populasi di Wuhan.

    "Keyakinan ini berasal dari dokumen dan bukti sumber yang terbuka dan rahasia," kata sumber tersebut, dikutip Fox News, Kamis 16 April 2020.

    Ketika ditanya mengenai isu tersebut, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan semakin banyak rumor yang beredar, pihaknya juga sedang melakukan pemeriksaan yang sangat teliti terhadap situasi saat ini.

    Dokumen rahasia itu berisi rincian upaya awal dokter di lab Wuhan. Pasar hewan di Wuhan awalnya diidentifikasi sebagai titik asal yang mungkin sebenarnya tidak pernah menjual kelelawar. Sumber mengatakan bahwa menyalahkan pasar hewan merupakan upaya China untuk menutupi kesalahan laboratorium, dan sebagai upaya propaganda China yang menargetkan AS dan Italia.

    Januari 2018 lalu, seorang pejabat Kedutaan Besar AS pernah memperingatkan tentang keselamatan yang tidak memadai di lab Institut Virologi Wuhan, dan menyampaikan informasi tentang para ilmuwan yang melakukan penelitian berisiko terhadap virus corona pada kelelawar.

    "Yang kami tahu bahwa virus ini berasal dari Wuhan, China. Kami tahu ada Institut Virologi Wuhan yang hanya beberapa mil jauhnya dari tempat pasar hewan. Masih banyak yang harus dipelajari. Anda harus tahu bahwa Pemerintah Amerika Serikat bekerja keras untuk mengetahuinya," kata Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

    Pompeo juga mengatakan bahwa AS tahu China sedang mengerjakan program tersebut, bahkan banyak negara yang memiliki program serupa. Namun di negara-negara yang terbuka dan transparan, mereka memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan menjaga tetap aman, dan mengizinkan pengamat dari luar untuk memastikan semua proses dan prosedur dilakukan dengan benar. (LK)


    Catatan: Judul dan berita ini juga diterbitkan oleh media di web laman Viva.co.id. Link berita: https://www.viva.co.id/berita/dunia/1211153-teori-konspirasi-covid-19-diciptakan-china-untuk-menyaingi-amerika?utm_source=widget&utm_medium=articles&utm_campaign=Widget-Corona

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Teori Konspirasi, COVID-19 Diciptakan China untuk 'Menyaingi' Amerika
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar