Santri Asal Inhil Terdeteksi Panas Suhu 38 Derajat, Begini kata Kadinkes Riau

Daftar Isi

    Foto: Kadinkes Riau, Mimi Yuliani Nazir (RiauRealita)

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, santri Riau asal Indragiri Hilir (Inhil) yang suhu panas badannya terdeteksi 38,7 derajat di Bandar Serai Purna MTQ Pekanbaru, sebelumnya melakukan perjalanan dari Surabaya menggunakan bus bersama ratusan rekannya.

    Semuanya merupakan santri Riau yang berasal dari berbagai daerah di Riau. Mereka merupakan para santri yang sedang menimba ilmu di Kota Pahlawan tersebut.

    Baca Juga: Wabah Corona, Pasokan BBM di Riau Aman

    "Ada 200-an santri semua, mereka pakai bus. Protokol kesehatan begitu, wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan, dikumpulkan di Purna MTQ," kata Kadiskes Riau, Sabtu (4/4/20).

    Mengutip MediaCenterRiau, masing-masing santri dilakukan pemeriksaan suhu panas. Kemudian dilakukan juga pengecekan kesehatan. Meski begitu, terkait adanya salah seorang santri yang harus dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut karena suhu panas badannya di atas 38 derjat, belum tentu disebut suspect covid-19. 

    Baca Juga: Jelang Ramadhan, Tim Gugus Tugas Inhil Pantau Kesediaan Beras

    Semuanya harus melalui observasi pengecekan lebih lanjut. Jika memang gejala yang terlihat mengarah ke suspect, akan dilakukan perawatan sesuai standar pemeriksaan.

    "Suhu tingginya tinggi, bergejala, dicek dulu kesehatannya. Kalau tidak apa-apa boleh pulang. Bisa aja karena capek, inikan (santri) melakukan perjalanan dua hari lewat darat pakai bus," terang Mimi.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sebagian santri Riau yang pulang dari Surabaya tersebut, ada yang langsung dijemput keluarga. Bagi yang dinyatakan sehat, dipersilahkan pulang. 

    Namun yang suhu panas badannya tinggi serta hasil observasi dicurigai tanda-tanda suspect, tentu harus menjalani perawatan. 

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Makanya, sebagian dijemput keluarga. Sebelum kontak langsung dengan keluarga atau orang lainnya, kita kumpulkan dulu di Purna MTQ, guna pengecekan kesehatannya," ujar Mimi lagi. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Santri Asal Inhil Terdeteksi Panas Suhu 38 Derajat, Begini kata Kadinkes Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar