Cara Penularan Virus Corona yang Paling Umum Terjadi

Daftar Isi

     

    Lancang Kuning Virus Corona hingga saat ini masih terus menyebar dan menginfeksi banyak orang. Penyebarannya pun sangat cepat. Itulah mengapa WHO (World Health Organization) memperingatkan masyarakat untuk melakukan tidakan pencegahan Corona dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer, membersihkan permukaan yang sering tersentuh dengan disinfektan, dan melakukan social distancing atau jarak sosial.

     

    Kenapa cuci tangan dengan sabun sangat penting? Karena menurut Kirsten Hokeness, profesor dan ketua departemen ilmu pengetahuan dan teknologi di Bryant University dan seorang ahli imunologi, virologi, mikrobiologi dan kesehatan manusia dan penyakit, cara penularan virus corona yang paling umum terjadi adalah melalui kontak langsung dengan cairan pernapasan pasien terinfeksi Corona. Cara penularan virus corona tersebut bisa berlangsung saat pasien Corona batuk atau bersin, kemudian virus dan bakteri tersebut dipindahkan dari tangan ke hidung atau mulut orang orang lainnya. Walaupun demikian, sampai saat ini penelitian mengenai Covid-19 atau virus Corona masih terus berlanjut.

     

    Riset lain juga mengungkapkan virus Corona dapat hidup beberapa hari di permukaan yang keras dan tidak berpori. Sedangkan pada permukaan berpori seperti kain atau kardus, virus tersebut hanya akan bertahan selama 24 jam.

    Penelitian dalam The New England Journal of Medicine juga menemukan berapa lama virus dapat bertahan pada permukaan dan udara. Sebagai gas aerosol yang melayang di udara virus dapat bertahan hingga 3 jam, sedangkan pada tetesan pernapasan cenderung akan jatuh lebih cepat ke tanah. Pada plastik dan stainless steel virus bisa bertahan hingga 3 hari dan pada tembaga sekitar 4 jam.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Penularan Virus Corona yang Paling Umum Terjadi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar