Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa di Pesantren

Daftar Isi

     

    Foto: Para santri/santriwati Pondok Pesantren Al-Muslimin, Pelalawan

    LancangKuning.Com, PELALAWAN -
    Salah seorang Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab telah melakukan pengabdian masyarakat di sebuah pesantren yang berlokasi di Kabupaten Pelalawan tepat di Kelurahan Bandar Sei Kijang yaitu Pondok Pesantren Al Muslimun, Jumat (21/2/2020).

    Baca Juga: Afdhal Beri Selamat kepada Ketum IKA Smanda Terpilih

    Baca Juga: Sopir Bus Indonesia Tak Bisa Lagi Meniru Pilot Jet Tempur

    Harif Supriady selaku Ketua Tim Pengabdian dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIR mengangkat tema pengabdian masyarakat kali ini yaitu Strategi Iktisab (Pemerolehan) Bahasa Arab dan Lingkungan berbahasa arab.

    Beliau mengungkapkan bahwa sering kali masalah kebahasaan dialami pesantren di Riau adalah tidak memakai kosa kata yang sudah dimiliki. Kemungkinan banyak faktor penghambat adalah kekurangan model dan contoh penggunaan kalimat-kalimat yang benar, atau bisa jadi belajar bahasa arab hanya menjadi rutinitas sehingga tidak menganggap pelajaran bahasa arab menjadi sesuatu yang difokuskan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Oleh karenanya pada pengabdian kali ini pihak Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Riau memberikan beberapa simulasi bahasa dan strategi pemerolehan bahasa arab yang tujuannya adalah agar kosa kata yang sudah dimiliki santri bisa digunakan dalam bahasa aktif.

    Dalam acara ini juga dibahas pengaruh dari lingkungan bahasa yang memudahkan santri dalam menyerap pola-pola kalimat untuk kemudian ditiru dan dilafalkan ulang. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Strategi Penerapan Lingkungan Bahasa di Pesantren
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar