Provinsi Jawa Timur Tertarik Bangun Usaha Industri Kelapa di Inhil

Daftar Isi

    LancangKuning.Com - Provinsi Jawa Timur (Jatim) berencana dan tertarik   bekerjasama kepada Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk membangun usaha industri kelapa di negeri hamparan kelapa dunia. 

    Pertemuan antar kedua daerah tersebut membahas kerjasama di bidang Industri, Perdagangan dan Penanaman Modal. Yang lebih utama adalah saling menguntungkan dan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

    Dari hasil pertemuan itu, kedua daerah sepakat untuk melakukan kerjasama di bidang perekonomian. Sedangkan pelaku usaha Jatim meminta realisasi pemanfaatan fasilitas Pelabuhan Kuala Enok untuk jalur Perdagangan antar pulau bisa secepatnya di fungsikan. 

    Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil, H Said Syarifuddin saat dimintai keterangan oleh awak media mengatakan bahwa, Provinsi Jatim dan Pelaku Usaha Jatim berkeinginan menanamkan modal dan mendirikan usaha mereka di Inhil. Atas hal itu pula Pemda sangat mendukung rencana tersebut. 

    "Karena memang, Inhil mempunyai SDA di bidang kelapa sangat luar biasa. Oleh karena itu Provinsi Jatim mendorong pelaku usaha disana untuk berinvestasi di daerah kita," ujar Said, Jumat (09/12/16). 

    Sekda menambahkan, perlu diketahui jugabahwa Provinsi Jawa Timur saat ini sedang melakukan perkembangan dijalur perdagangan seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, untuk pelaku usaha di Inhil agar segera menyusun rencana terhadap hal tersebut. 

    "Inhil kedepan bakalan maju jika pengusaha di Indonesia mengembangkan pendirian industri kelapa di Inhil. Semua masyarakat hal positif harus kita dukung, terutama kepada pihak masyarakat," tambahnya. 

    Untuk lebih lanjut kata Said, tahap pertama ini, hubungan pemerintah daerah dengan Provinsi Jawa Timur. Kemudian baru pelaku usaha dengan pelaku usaha dalam menjalin kemitraan, tugas pemerintah hanya melakukan pembinaan. 

    "Kita juga mengundang Pengusaha dan Provinsi Jatim untuk ikut dalam acara hariKelapa sedunia (World Coconut Day) pada tahun 2017," katanya lagi. 

    Untuk diketahui, dari pihak Pemda Inhil dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mencangkup kerjasama. Dan sebaliknya dari pihak Provinsi Jatim dihadiri hal yang sama serta dialog antar kedua daerah berlangsung di kantor Perdagangan Jatim. (Ydi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Provinsi Jawa Timur Tertarik Bangun Usaha Industri Kelapa di Inhil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar