AS Berhasil Terbangkan Jet Tempur Boeing Tanpa Pilot

Daftar Isi

     LancangKuning.com - Angkatan Laut Amerika Serikat dan Boeing mengumumkan telah berhasil menerbangkan dua jet tempur tanpa awak.Dua Boeing EA-18G Growlers meluncur di udara tanpa kendali pilot dalam uji coba di pangkalan Patuxent River, Maryland pada akhir tahun lalu.

    Dikutip dari AFP, dua pesawat itu mengudara dengan kendali dari pesawat lain yang terbang di dekatnya. Dalam uji terbang tersebut, kedua jet melaksanakan 21 misi berbeda yang dibagi menjadi empat penerbangan.

    Boeing EA-18G Growler adalah pesawat perang elektronik berbasis kapal induk, dan merupakan versi khusus dari F/A-18F Super Hornet berkursi ganda.
     

    Dua jet tempur itu memang memiliki pilot cadangan yang disiapkan untuk berjaga-jaga, namun ketika terbang seolah-olah kursi pilot kosong.

    "Penerbangan ini membuktikan kecanggihan teknologi memungkinkan F/A-18 Super Hornets dan EA-18G Growlers melakukan misi tempur dengan sistem tak berawak," kata Boeing dalam sebuah pernyataan, Senin (3/2).

    EA-18G diandalkan untuk mengganggu sensor dan sistem komunikasi senjata musuh.
    Dikutip dari Naval Technology, EA-18G mengintegrasikan kemampuan canggih serangan elektronik udara, dikembangkan dan diproduksi oleh Northrop Grumman.
    Pesawat itu digunakan Angkatan Laut AS dan dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat.

    "Teknologi ini memungkinkan Angkatan Laut untuk memperluas jangkauan sensor sekaligus menjaga pesawat berawak dari bahaya," kata Tom Brandt, perwakilan Boeing. 

     

    Sumber : cnnindonesia.com

     


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel AS Berhasil Terbangkan Jet Tempur Boeing Tanpa Pilot
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar