Tempat Wisata Di Kota Dumai, Wajib di Kunjungi

Daftar Isi

    LancangKuning.Com, Kota Dumai merupakan sebuah kotamadya yang terletak di provinsi Riau yang terkenal dengan penghasil Minyak buminya. Dumai juga  memiliki potensi objek wisata yang luar biasa banyaknya jika bisa di explore semuanya. kota Dumai merupakan kota terluas di Indonesia yang terletak di pesisir timur Propinsi Riau. 

     

    Berikut Tempat Wisata di Dumai, Riau yang Menarik Dikunjungi:

    1. Hutan Wisata Dumai


    Hutan Wisata Dumai memiliki pepohonan yang sangat rindang, sejuk, keteduhan merupakan sesuatu penarik pengunjung yang datang ke hutan kota ini. Dengan di domisili berupa Pohon Pinus serta tanaman yang lain, hutan wisata ini sangat digemari oleh masyarakat dumai walaupun masih bertemperatur tidak dingin tapi hangat seperti daerah perkotaan pada umumnya. 

    Selain Hutan Pinus yang menjadi kebanggaan dari hutan kota ini, daerah ini juga sebagian besar berupa rawa atau danau. Sehingga, jika kita amati, banyak jembatan yang digunakan untuk menghubungkan lokasi di hutan ini dengan lokasi lainnya. Untuk ekosistem, kita dapat berjumpa dengan kera yang tampak jinak dan dapat bercanda-canda dengan manusia.

    2. Pantai Teluk Makmur


    Pantai Teluk Makmur adalah pantai yang terdapat di Dumai dan banyak di kunjungi wisatawan. pantai ini memiliki daratan berpasir yang mempunyai garis pantai lumayan panja dan dipenuhi dengan batuan besar. Batu-batu tersebut sengaja disusun di sepanjang garis pantai ini untuk menahan ombak  agar tidak terjadi abrasi di pantai, biasanya ombak ini menerjang daerah pinggiran pantai tersebut. Pantai Teluk Makmur ini juga memiliki sebuah pondok pondok yang dapat dipergunakan untuk bersantai para pengunjung. Pondok yang berdiri diatas perairan pantai teluk makmur ini, terbuat kayu dan ditopang oleh tiang penyangga.

    3. Danau Bunga Tujuh

    Danau Bunga Tujuh
    terletak di Kelurahan Bukit Batrem, Kec. Dumai Timur, atau sekitar 8 Km dari pusat Kota Dumai. Danau Bunga Tujuh memiliki luas area sekitar 47 hektar dengan udara sejuk, dan panorama danau yang dikelilingi banyak pohon.

    Di Danau Bunga Tujuh ini terdapat sebuah pondok yang dapat di pergunakan sebagai tempat peristirahatan pengunjung wisatawan untuk bersantai setelah mengelilingi danau dengan kereta air atau kereta kincir naga yang di sediakan oleh pengelola Danau ini. Namun karena dana upaya pengembangan Danau Bunga Tujuh ini sebagai kawasan wisata modern tampaknya masih dalam proses.

    4. Pantai Puak Dumai

    Pantai puak
    merupakan objek wisata baru di kota Dumai. Pantai Puak ini bersih, sejuk, luas dan enak di jadikan tempat santai wisatawan. Pantai ini layak dikembangkan sebagai destinasi pariwisata baru dikota Dumai. Sebab kebutuhan pariwisata di Dumai semakin meningkat selain itu pembukaan objek wisata bahari dilakukan seiring dengan pertumbuhan perekonomian Kota Dumai yang kian meningkat. pantai ini dilaunchingkan pada Mei 2015, sejak di buka pantai ini banyak peminatnya sehingga menjadi pantai favorit warga dumai.

    5. Pesanggrahan Putri Tujuh


    Makam Pesanggrahan Putri Tujuh
    ini merupakan sebuah makam yang berada di kawasan kilang PT. Pertamina RU II Kota Dumai. Konon menurut cerita, pesanggrahan ini merupakan sebuah tempat persembunyian Tujuh Puteri dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung. Ketujuh Puteri tersebut terkenal kecantikannya yang membuat banyak pangeran yang jatuh cinta. Ketujuh Puteri tersebut disembunyikan oleh Ratu Sima Dumai dari serbuan kerajaan Tamiang Aceh. Namun apa daya setelah serbuan tersebut dapat dipatahkan, Ketujuh Puteri yang disembunyikan tersebut tertimbun dalam persembunyiannya bersert dengan dayang dan pengasuhnya. Maka dengan itu situs ini terkenal dengan Pesanggrahan Putri Tujuh.

    sumber: kitasatu

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tempat Wisata Di Kota Dumai, Wajib di Kunjungi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar