Setelah Blank Area, di Pelalawan Hotspot Muncul Lagi 11 Titik

Daftar Isi

    Pangkalan Kerinci - Berdasarkan Data yang diterima media ini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Rabu (7/8) Jam 16.00 Wib, mendeteksi adanya 11 titik panas yang terdapat di Kabupaten Pelalawan dan tersebar di 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Kuala Kampar 3 titik panas, lalu Langgam 1 titik dan Pangkalan Kuras 4 titik panas. 

    Kata Sanya Gautami, Analis BMKG satsiun Pekanbaru, titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen sebagai indikasi terjadinya kebakaran itu terpantau melalui citra satelit Terra dan Aqua, Rabu (7/8) pukul 16.00 WIB.

    "Titik panas terbanyak berada di Kecamatan Pangkalan Kuras yang mencapai 4 titik," ujarnya.

    Ditambahkannya, titik panas yang terdeteksi baik di Kuala Kampar, Langgam dan Pangkalan Kuras hari ini setelah sempat nihil hari kemarin hingga pagi tadi dapat menjadi titik api bila tidak secepatnya ditangani.

    "Sore ini di pelalawan muncul 11 titik panas. Sedangkan untuk titik api terdeteksi 8 titik. Padahal semalam sempat Blank Area," ungkapnya.

    Sementara itu, dari 11 titik panas di Kabupaten Pelalawan, BMKG menyatakan 8 diantaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat terjadinya Karhutla dengan tingkat kepercayaan  (Confidence) di atas 70 persen.

    Selain di Pelalawan, BMKG juga menyatakan keberadaan titik api juga terdeteksi di Kabupaten Bengkalis 2 titik, Rokan Hilir 13 titik, Siak 1titik dan Indragiri Hilir 3 titik api.

    Jarak pandang hingga malam ini untuk Pekanbaru 10 KM, Rengat 7 KM, Dumai juga 7 KM sedangkan Kabupaten Pelalawan berjarak 8 KM.

    "Saat ini kondisi cuaca tidak begitu gelap, namun masih terlihat asap masih muncul terutama malam ini," kata Sanya. (ton)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Setelah Blank Area, di Pelalawan Hotspot Muncul Lagi 11 Titik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar