Tips Semangat Kerjakan Skripsi Agar Bisa Cepat Wisuda

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mahasiswa adalah generasi penerus atau pewaris utama perjuangan bangsa, generasi yang mempunyai tanggung jawab yang profesional di bidangnya. Kamu seorang mahasiswa? Atau calon mahasiswa? Tau gak sih apa itu mahasiswa? Dan apa perbedaan mahasiswa dan siswa?

    Mahasiswa merupakan status bagi para pelajar yang sedang menduduki perguruan tinggi, yang dimana mereka merupakan insan-insan calon sarjana yang memiliki intelektual yang lebih luas dibandingkan seorang siswa. Mahasiswa dan siswa tentu saja tidak sama, karena mahasiswa mempunyai peran yang berbeda dengan siswa biasa. Peran mahasiswa jauh lebih besar dibandingkan dengan siswa. Karena mereka mampu berpikir secara rasional, berpikir kritis, lebih berorientasi kepada masa depan, lebih berani bertindak dan bersuara, menjadi pribadi yang lebih mandiri, serta pribadi yang memikul tanggung jawab yang lebih pula.

    INFO : Sewa Jas Pekanbaru

    Namun tidak sedikit mahasiswa yang masih menggunakan mindset siswa. Yang dimana mahasiswa tersebut harus diperintahkan dulu baru mengerjakan sesuatu. Padahal mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri dalam mengerjakan sesuatu dan harus lebih bisa berpikir secara luas, kreatif serta inovatif tanpa harus selalu mengandalkan dosen. Selain itu, masih banyak mahasiswa yang suka bermalas-malasan, padahal status mereka adalah seorang mahasiswa. Yang dimana status ini bukan digunakan untuk main-main, bukan hanya sekedar masuk, mengisi absen, pulang dan begitu seterusnya. Karena mereka bukan seorang siswa.

    Mahasiswa pasti akan dihadapkan dengan yang namanya Skripsi, bagi mahasiswa tingkat akhir tentu saja tidak asing dengan kata itu. Mungkin bagi kamu mahasiswa baru atau calon mahasiswa kurang memahami apa itu skripsi. Apa itu skripsi? Skripsi merupakan sebuah karya ilmiah yang dimana hal ini merupakan persyaratan wajib yang harus mahasiswa buat untuk memperoleh atau mendapatkan gelar sarjana. Namun perlu kamu ketahui skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa Strata 1 (S1), tapi bagi mahasiswa Diploma namanya bukan skripsi tetapi Tugas Akhir (TA).

    Membuat skripsi bukan hal yang mudah, dan tidak sedikit mahasiswa yang suka bermalas-malasan, mengeluh, putus asa karena susahnya membuat skripsi tersebut. Padahal mereka sedang menanti yang namanya wisuda. Karena wisuda menandakan bahwa mereka telah menyelesaikan tugas mereka di bangku perkuliahan, dan dengan wisuda mereka bisa membanggakan kedua orang tua dengan hasil yang telah mereka capai.

    Bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, pasti merasakan hal yang membuat kamu merasa tidak semangat dalam membuat skripsi tersebut.   Jadi gimanasih agar kita semangat membuat skripsi agar cepat wisuda? Berikut beberapa tips semangat mengerjakan skripsi agar bisa cepat wisuda :

    1. Ingat Orang Tua

    Kenapa harus ingat orang tua? Karena tujuan utama kita kuliah agar membuat mereka bangga bukan? Dan pernahkah kamu berpikir susahnya orang tua bekerja demi menguliahkan kamu agar kamu sukses?. Karena peluh orang tua kitalah yang membuat kita bisa duduk di bangku kuliah ini hingga berada di tingkat akhir. Jadi jika kamu mengeluh, bermalas-malasan dan sebagainya, cukup ingat orang tua. Karena mereka tidak mau tau yang namanya mengeluh, putus asa, patah semangat dan sebagainya. Yang mereka ingin tau adalahanaknya harus sukses dan anaknya harus menjadi orang hebat.

    1. Bersyukur  

    Bersyukurlah karena kamu masih diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan pendidikan kamu ke perguruan tinggi. Coba lihat, masih banyak dari mereka yang putus pendidikan karena biaya atau hal lain. Jangankan membuat skripsi, melanjutkan pendidikan saja mereka tidak mampu. Kamu adalah orang terpilih, yang diberi kesempatan oleh allah untuk sukses dan membahagiakan kedua orang tuamu. Jadi jangan pernah sia-siakan kesempatan yang orang lain belum tentu dapat kesempatan yang sama.

    1. Dekati Teman yang Rajin

    Bukan bermaksud untuk memilih teman dan membedakan teman, hanya saja pada saat tertentu kita harus bisa memilih teman dengan bijak. Karena siapa temanmu juga mempengaruhi siapa kamu dan kamu adalah bagaimana lingkunganmu. Jadi jika kamu bergaul dengan orang yang malas, maka terkadang kamu juga akan ikut-ikutan menjadi malas. Maka dari itu jika kamu malas, bertemanlah dengan orang yang rajin. Ibaratnya semangat yang dia punya menular ke dirimu.

    1. Pilih Tempat yang Nyaman

    Dimana kita berada tentu saja akan mempengaruhi bagaimana mood kita pada saat itu. Jika kamu membuat skripsi ditempat yang kamu rasa tidak nyaman dalam mengerjakannya, maka tentu saja semangatmu akan hilang. Jadi pilihlah tempat yang dimana kamu mengerjakannya merasa nyaman dan bersemangat. Baik itu di cafe yang dimana kita bisa mengakses wifi tiap saat maupun tempat tidur sekalipun, dan lain sebagainya.

    Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar bisa semangat dalam mengerjakan skripsi dan agar cepat wisuda. Tips ini hanya saran dari saya, mungkin kamu punya cara tersendiri untuk membuat dirimu semangat. Karena setiap orang itu berbeda dalam memotivasi dirinya untuk bersemangat. Ayo semangat para pejuang toga!(Mega)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Semangat Kerjakan Skripsi Agar Bisa Cepat Wisuda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar