Aplikasi untuk Membuat Mockup

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bagi programmer Mockup bukanlah suatu hal yang asing lagi, namun sudah menjadi suatu kebutuhan sebelum membuat system. Namun bagi pemula hal tersebut merupakan suatu hal yang asing, perlu diketahui bahwa Mockup adalah aplikasi yang dibuat untuk merancang desain UI suatu system atau aplikasi yang akan di buat sebelum menjadi aplikasi sungguhan.

    Mockup dapat memberikan ilustrasi nyata tentang sebuah konsep ilustrasi, yang akan terlihat nantinya sehingga dari sebuah mockup tersebut kita dapat menyampaikan suatu informasi bagaimana cara kerja aplikasi tersebut serta fitur-fitur yang ada di dalam sistem kita nantinya. Namun seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, sangat banyak sekali aplikasi yang diluncurkan untuk mempermudah pekerjaan tersebut, sehingga para desain UI tidak perlu melakukannya secara manual lagi. Maka perlu kamu ketahui berikut ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat mockup berbasis website maupun mobile :

    1. Balsamiq Mockups

    Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang sangat populer di kalangan Desainer Frontend dalam merancang tampilan awal website maupun mobile yang akan mereka buat ke depannya. Di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur desktop sehingga kamu bisa dengan mudah dan cepat dalam memecahkan masalah user interface dalam merancang website. Di dalam Balsamiq Mockups juga terdapat fitur mobile, sehingga memudahkan kamu jika ingin membuat desain rancangan system keduanya. Aplikasi Balsamiq Mockups juga tersedia dalam versi gratis maupun versi berbayarnya. Jika memilih versi gratis hanya dapat digunakan selama 30 hari saja.

    1. Mockup Builder

    Mockup Builder merupakan aplikasi yang disediakan secara free untuk desainer web. Aplikasi tersebut mempermudahkan kita dalam berbagi dengan rekan kerja karena di dalam aplikasi tersebut, rekan kerja dapat mengakses kedalam project yang kita buat namun dengan catatan mereka harus memiliki hak akses, sehingga mereka bisa melakukan sharing jika desain masih belum maksimal. Dalam aplikasi tersebut juga dapat di ekspor ke dalam bentuk file PDF dan PNG.

    1. Mockingbird

    Mockingbird adalah aplikasi yang dapat mempermudahkan para desainer web untuk membuat sebuah perancangan aplikasi website yang dirancang untuk membuat desain web dengan cepat. Aplikasi ini juga tersedia versi berbayar dan gratisnya.

    1. Sketchapp

    Aplikasi ini adalah sebuah tool berbasis vektor yang dapat membantu kita dalam mendesain interface. Sketchapp dapat dikatakan seperti kombinasi antara aplikasi ilustrator dengan photoshop, terdapat banyak template yang disediakan, sehingga memudahkan kita dalam membuat interface pada aplikasi Website, Ios, dan Android.

    1. Adobe XD

    Adobe XD diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan UI/UX. Adobe XD. Saat ini difokuskan pada dua tab yaitu prototype dan desain.

    1. Flinto

    Flinto adalah aplikasi perancang interaksi UI dalam membangun animasi dan desain, aplikasi ini sangat mudah digunakan karena terdapat transisi dasar untuk desain UI dan animasi. Bagi kamu yang menyukai animasi pada UI desain, aplikasi ini sangat tepat untuk kamu gunakan.

    1. Framer JS

    Framer JS adalah aplikasi untuk merancang prototype dengan menggunakan bahas pemrograman, bahasa pemrograman yang digunakan adalah JavaScript. Kita dapat membuat custom animation sesuai dengan kebutuhan kita. Namun bagi kamu yang tidak paham tentang JavaScript maka kamu tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut.

    Mungkin itu saja yang bisa saya sajikan, namun ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan terlebih dahulu sebelum mencari aplikasi-aplikasi yang mantap dalam perancangan UI dengan tujuan mempermudahkan pekerjaan kamu nantinya, tapi ada hal yang lebih penting dan  mendasar dalam pembuatan interface yaitu Paham apa yang akan di buat, memiliki inspirasi serta ide-ide imajinasi yang setidaknya sudah kamu konsepkan terlebih dahulu di dalam pikiran.

    Karena dengan dukungan aplikasi yang trend saja tidak cukup, jika kamu tidak memiliki ide serta tidak paham apa yang akan kamu lakukan maka semua akan sia-sia. Kemudian Silahkan pelajari dari aplikasi-aplikasi yang di atas kemudian pahami setiap fitur yang ada, sehingga hal ini akan mendukung cepatnya suatu pekerjaan.(Risma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Aplikasi untuk Membuat Mockup
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar