Tips  Mengatur Keuangan Bagi Anak Kos

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak kenal dengan anak kos, dimana anak kos adalah anak yang tinggalnya tidak satu rumah dengan orang tuan mereka dan ia juga harus membayar sewa rumah ataupun kamar sesuai perjanjian dengan pemilik kos. Hal ini kerap kali dirasakan oleh anak-anak terutama bagi mereka yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi Maupun yang sedang bekerja.

    Banyak hal dadakan yang harus diselesaikan dengan sendirinya, menjadi anak kos dapat di umpamakan yaitu memulai kehidupan secara mandiri. Sebaiknya bagi kamu yang belum terbiasa mandiri maka cobalah beberapa hal yang harus kamu membiasakan pekerjaan yang biasanya dilakukan ibumu, sebelum menjadi anak kos. Yaitu:

    • Memikirkan menu makanan yang biasanya adalah pekerjaan seorang ibu
    • Pekerjaan Memasak biasanya adalah tugas seorang ibu
    • Pekerjaan mencuci pakaian biasanya dapat dilakukan secara mudah dengan memutar mesin cuci.
    • Menyapu maupun pekerjaan rumah lainnya yang biasanya dapat di kerjakan secara tim atau terjadwal bersama saudara kandung.
    • Mengatur Keuangan masuk dan keluar adalah tugas seorang ibu.

    Namun kini sudah tidak bisa lagi dilakukan semuanya bergantung pada ibu, karena bagi anak kos Ia harus mulai belajar mandiri sejak dini yaitu bermula  memikirkan bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik, bagaimana cara mengatur maupun membagi waktu antara pekerjaan sekolah, kampus maupun pekerjaan kos (Memikirkan menyuci, memasak, dan pekerjaan lainnya).

    Tak jarang anak kos yang bisanya, ingin serba praktis terutama dalam hal memasak, banyak teknologi yang canggih untuk mempermudah pekerjaannya seperti: Jika malas memasak ia dapat melakukan pemesanan makanan melalui GoFOOd maupun catring. Sedangkan mencuci pakaian dapat di selesaikan dengan mudah yaitu secara laundry. Namun hal ini jika dilakukan secara terus menerus akan memberikan efek dan dampak yang tidak baik terutama pada keuangan kamu. Maka tak jarang anak kos mendapatkan label yang menyedihkan apabila semua kebutuhan masih bergatung kepada orang tua.

    Jika kita tidak hemat maka kasihan orang tua yang harus mengirimkan uang bulanan yang belum pada tanggal pengirimannya. Jika kamu sudah bekerja maka hal ini juga tidak baik untuk masa depanmu karena kamu tidak bisa menabung untuk perencanaan yang akan datang.

    Ada banyak hal dan tips yang bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan secara tepat dan baik. Sehingga uang bulanan kiriman dari orang tua maupun uang bulanan dari hasil kerja yang kamu dapatkan dapat mencukupi semua kebutuhan selama satu bulan. Berikut tips yang bisa saya berikan untuk mengatur keuangan bagi anak kos.

    1. Catat anggaran kebutuhan Bulanan serta Susun Secara Rinci dan Teliti sesuai kebutuhan. Dalam hal ini pikirkan secara detail barang belanjaan yang benar-benar urgent (dibutuhkan). Hal ini dilakukan agar kamu dapat melihat rincian berapa jumlah uang yang harus kamu lakukan.
    2. Lakukan proses belanja secara bulanan sekaligus. Hal ini apabila belanja bulanan dilakukan secara kecil-kecilan memang terasa ringan namun ha ini akan membuatmu semakin boros karena kamu tidak bisa mengontrol pengeluaranmu setiap bulan. Hal ini bisa menjadi pembengkakan dalam list anggaran belanjaan bulanan. Jika kamu melakukan secara bulanan sekaligus maka hal ini akan mengurangi pengeluaran kamu yang sering kali bolak-baik ke supermarket, sehingga dapat mengurangi nafsu mata.
    3. Menabung secara teratur meski dimulai dari Rp.500,- ada pepatah mengatakan “sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit”. Hal ini sangat tepat jika dilakukan secara continue bagi anak kos, karena fungsi dari tabungan ini dapat mengatasi masalahmu ketika orang tua lambat pengiriman maupun gajian yang lama keluar.
    4. Jangan menunda melakukan pembayaran Kos, Listrik dan lain sebagainya. Hal ini jika terjadi akan menjadi masalah besar bagi kamu di bulan yang akan datang karena dapat terjadi suatu penumpukan hutang,  hal ini dapat memberikan kamu pelajaran sehinga ada rasa tanggung jawab jika kamu membayarnya secara tepat waktu.
    5. Masak sendiri dan kurangi biaya shopping. Dalam hal ini akan mengurangi biaya pengeluaranmu karena selain menghemat kamu juga akan terlatih untuk memiliki softskill dalam memasak. Tapi ingat memasak sendiri bukan harus yang instan dan serba siap saji, kamu hemat juga butuh sehat. Prioritaskan kesehatan serta jaga pola makan yang seimbang.
    6. Biasakan membawa air minum putih sehingga tidak lagi perlu repot-repot ke supermaket untuk membeli air minum.
    7. Jangan bermalas-malasan untuk mencuci pakaian sendiri. Untuk menghindari rasa malas kamu dapat melakukannya dengan tidak menumpuk pakaian yang kotor, lebih baik jika setelah mandi kamu langsung mencucinya untuk terhindar dari penumpukan pakaian kotor.
    8. Manfaatkan fasilitas wifi guna untuk menghemat kuota kamu.

    Baiklah hanya itu yang bisa saya sampaikan dan selamat mencoba.(Risma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips  Mengatur Keuangan Bagi Anak Kos
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar