Al- Ulum Ajarkan Demokrasi ke Siswa

Daftar Isi

    Pekanbaru, Lancangkuning.com - Suasana berbeda di halaman Al-Ulum Islamic School pada Jumat pagi. Hal itu dikarenakan warga sekolah menggelar pesta demokrasi bertajuk Pemilihan Raya (Pemira). Pemira ini diadakan untuk memilih Ketua Osis periode Tahun Ajaran 2016-2017 mendatang dari dua kandidat calon, yaitu antara Steveny Alfath S dan Syarifah Elahrahmi. Sebelumnya, kedua calon ini telah mendaftar dan lolos seleksi admistrasi, serta diberikan kesempatan untuk berkampanye dan menyampaikan visi dan misi yang diusung.

    Turut menyaksikan serta memilih dalam acara pemira perdana di sekolah Al-Ulum ini, Konsultan sekolah Khairil Anwar, unsur pimpinan yayasan, kepala sekolah Khairul Akbar SPdI, majelis guru, karyawan, serta ratusan siswa yang sudah tertib berbaris di lapangan. Setelah dilangsungkan proses pemilihan yang memakan waktu sekitar dua jam, akhirnya Steveny berhasil memenangkan pemilihan ini karena mengoleksi 141 suara, mengalahkan saingannya Syarifah yang hanya mendapatkan 64 suara. Dengan hasil ini pun, maka tim panitia pemira SMP Al-Ulum langsung menasbihkan Steveny sebagai Ketos sedangkan Syarifah sebagai wakilnya.

    Kepala SMP Al-Ulum Khairul Akbar SPdI memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana pemira tahun ini."Alhamdulillah, rangkaian acara pemira berjalan lancar sesuai rencana. Pemira ini merupakan bagian dari outing class mata pelajaran PPKN tentang sistem demokrasi. Jadi, melalui pemilihan raya seperti ini bisa dijadikan sebagai praktek lapangan sekaligus media pembelajaran kepada siswa tentang pesta demokrasi, mulai dari mengenalkan bagaimana bentuknya kotak suara, bilik suara, kartu pemilih, proses penghitungan suara, sampai cara menetapkan pemimpin terpilih,"terang Khairul.

    Dikatakannya lebih jauh, secara tidak langsung, acara pemira yang dilaksanakan oleh SMP Al-Ulum ini tentunya bisa membantu program Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena KPU tidak perlu lagi sosialiasi ke sekolah."Dan sistem berdemokrasi di Al-Ulum sudah lebih dulu diajarkan kepada siswa,"tambahnya. (Zal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Al- Ulum Ajarkan Demokrasi ke Siswa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar