Heboh, Festival Menongkah dan Mandi Lumpur di Pantai Bidari, Inhil Tembus 3000 Penonton

Daftar Isi

    Tanah Merah, Indragiri Hilir, Lancang Kuning.Com - Festival Lomba Menongkah dan Mandi Lumpur di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau tepatnya di Pantai Bidari, hal itu berhasil menembus penonton 3000 ribu lebih.

    Festival itu juga turut dihadiri Bupati Inhil HM Wardan, Kadispora Inhil Junaidi Ismail, Rekor Muri Indonesia 2 orang, Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikha Wardan dan Forkopimda Inhil serta penonton yang ikut menyaksikan Festival dan lomba tersebut.

    Bupati Inhil HM Wardan mengatakan, Festival lomba menongkah dan mandi lumpur ini sangat bagus di laksanakan menjadi Iven wisata tahunan. Pantai Bidari ini juga sangat mirif dengan Pantai Solop, dimana pasirnya berupa warna putih bercampur sisa kerang.

    "Kita dari Pemkab Inhil sangat mendukung penuh atas wisata sekaligus lomba, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi dari pada tahun ini. Saya juga menginginkan wisata ini dapat diketahui dan diakui oleh Indonesia serta Dunia," kata Wardan saat diwawancarai oleh awak media, Minggu (7/8/16).

    Selain itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapudbar) Inhil, Juanidi Ismail dalam hal ini menyebutkan, Pantai Bidari di Desa Tanjung Pasir yang dikenal dengan masyarakat Duanu, tahun depan akan menjadi wisata tahunan. Wisata ini menurutnya, sangat unik dan belum dimiliki oleh wilayah lain. Sebab pantainya bisa berpindah arah tergantung pasang surut air Sungai. 
    "Panjang Pantai ini yakni 20 KM sedangkan pasir putih kerang hanya 2 KM dan kita akan upayakan dengan bekerjasama kepada pihak Pemkan Inhil, Provinsi dan Kementrian Pariwisata untuk tahun selanjutnya," kata Juanidi.
     

    Ia juga mengharapkan kepada sejumlah awak media agar mempromosikan wisata Inhil yang belum masyarakat mengetahui, media Online, Koran dan TV. Ia mengajak masyarakat Inhil untuk tetap mencintai wisata alam yang ada di Inhil.

    "Mari kunjungi wisata Pantai Solop dan Bidari serta wisata lainya di Inhil," tambahnya.

    Untuk diketahui, masyarakat di Tanjung Pasir adalah masyarakat yang disebut Duanu. Duanu artinya masyarakat yang hidup di pesisir pantai. Tak hanya itu, aktivitas disana berupa nelayan, menongkah kerang, dan membuat atap rumah dari batang nipah (pidada). Permainan tradisional di Desa Tanjung Pasir juga ada, Permainan Congkak, Main Lidi dan permainan lainya. (Ydi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Heboh, Festival Menongkah dan Mandi Lumpur di Pantai Bidari, Inhil Tembus 3000 Penonton
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar