Pelaporan Haris Azhar, Cara Paling Tepat Buka Persoalan Menurut JK

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Terkait informasi yang disampaikan Koordinator Kontras, Haris Azhar kepada publik mengenai pengakuan yang disampaikan Freddy Budiman kepadanya terkait aparat BNN, Polri dan TNI yang terlibat bisnis narkoba, Haris azhar pun dilaporkan ke Bareskrim Polri.

    Hal ini mendapat tanggapan dari Wakil Presiden RI Yusuf Kalla. Ia menilai laporan polisi akan berefek baik untuk Haris, karena dengan cara ini Haris bisa menjelasakan dan membuktikan informasi yang disampaikannya melalui media sosial itu.  

    "Dengan, katakanlah, mengadukan Haris Azhar juga bagus, di situlah Haris dapat menjelaskan secara detail pembuktiannya. Itu bagus sebenarnya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

    JK menambahkan, bahwa itu cara paling tepat untuk Haris membuka persoalan secara terang, "Justru ini dengan dilaporkannya Haris itu cara yang paling tepat Haris Azhar itu untuk membuka persoalannya secara terang benderang. Semua informasi harus diteliti. Kemudian tentu penegak hukum, aparat hukum menindaklanjuti kalau memang terbukti," JK menegaskan.

    {{}]

    Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, tidak tertutup kemungkinan jika laporan terhadap Haris naik ke ranah penyidikan. "Karena ini berkaitan dengan internet, maka ini penyelidikan dengan digital atau tim cyber. Karena kalau dapat membuktikan (kebenaran testimony Freddy), penyebarluasan pencemaran nama baik itu dapat gugur. Sebaliknya, kalau tidak dapat dibuktikan, maka akan berdampak hukum," kata Boy di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

    Boy menambahkan bahwa Polri meragukan pernyataan Haris sesuai dengan apa yang disampaikan Freddy. "Tidak ada rekaman, hanya penulisan kembali daya ingat Pak Haris terhadap yang diucapkan Freddy Budiman di Lapas," ucapnya.

    Boy juga beranggapan testimony Freddy bisa jadi sebagai upaya Freddy untuk lolos dari jerat hukuman mati. "Whistleblower bagus, tapi yang penting ada fakta aja. Kalau enggak ada, namanya ngawur," tandas Boy. (hyAzn)

     

    Sumber : Liputan6

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pelaporan Haris Azhar, Cara Paling Tepat Buka Persoalan Menurut JK
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar