Perjuangan Warga Yaman Hadapi Kelaparan

Daftar Isi

     

    Foto: Al-Jazeera

    LancangKuning.Com, YAMAN - Kini sudah hampir empat tahun, konflik antar koalisi berlangsung di Yaman. Konflik itu membahayakan kehidupan jutaan warga Yaman. SItuasi tersebut juga menimbulkan bencana kelaparan akibat ketidakmampuan warga Yaman untuk memperoleh bahan makanan.  
    Bukan saja orang dewasa, bencana kelaparan justru kebanyakan menimpa anak-anak.

    Salah satunya Afaf, anak berusia 10 tahun yang menderita kelaparan. Afaf hanya memiliki bobot seberat 9 kilogram. Angka tersebut yang membuat Afaf juga didiagnosa menderita malnutrisi.

    Baca Juga: Mayat Laki-laki Ditemukan Mengapung di Sungai Siak

    Afaf sudah lama tidak pergi ke sekolah karena kondisinya sangat lemah dan tidak memungkinkan. Afaf dan keluarga tinggal di kamp pengungsian yang terletak di pegunungan, di Provinsi Hajjah, Yaman.

    Muhammad Husein, ayah Afaf, bekerja sebagai penggembala ternak milik orang lain.
    “Gaji yang diperoleh tidak cukup untuk memenuhi tujuh anggota keluarga saya. Saya mungkin bisa menahan lapar, tetapi mereka anak-anak, tidak bisa,” ungkap Husen.

    Melansir artikel Al Jazeera yang dirilis pada 22 Maret 2019, tercatat ada dua juta anak yang membutuhkan makanan demi memperjuangkan kehidupannya. Meski banyak makanan yang dijual di pasar, faktanya harga yang terlalu tinggi tak dapat dijangkau oleh warga Yaman. Imbasnya, malnutrisi bisa menyerang siapa saja yang menderita kelaparan.

    Selain Afaf, banyak sekali anak-anak Yaman yang juga menderita malnutrisi. Sedang malnutrisi menjadi pintu pertama, di mana anak-anak menjadi lebih rentan terserang penyakit. Fakta itu dibuktikan dengan adanya kasus kolera yang juga sudah menghantui warga Yaman, terutama anak-anak.

    Catatan terakhir, lebih dari ratusan kasus kolera terjadi di Yaman.
    Berkurban, kurangi bencana kelaparan Yaman
    Menebarkan kebaikan kurban, bisa ke mana dan siapa saja. Tak hanya yang dekat, masyarakat Indonesia juga memiliki peluang untuk berkurban di negara lain.

    Baca Juga: Ini Fakta Terkait Pokja Pembangunan Rawat Inap RSUD Padangsidimpuan

    Termasuk di Yaman, sebuah negara bagian Timur Tengah yang hingga sekarang masih mengalami kelaparan.

    Global Qurban pada Iduladha mendatang pun akan kembali menyapa warga Yaman. Lewat berbagai program kurban, Global Qurban mengajak para dermawan turut berkurban untuk Yaman. Insyaallah, daging kurban yang diberikan sedikit banyak dapat mengurangi bencana kelaparan di Yaman. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perjuangan Warga Yaman Hadapi Kelaparan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar