Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Daun sirih merupakan daun yang memiliki kandungan air hingga 85 sampai 90 persen. Banyak manfaat yang dimiliki daun sirih, salah satunya yaitu membunuh bakteri serta jamur. Ia juga berperan sebagai antioksidan. Sudah lama bahwa daun sirih selalu digunakan untuk antiseptik seperti untuk mengobati luka bakar.

    Tanpa berlama-lama, berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan tubuh :

    1. Antiseptik alami

    Daun sirih dipercaya oleh masyarakat digunakan sebagai antiseptik, anti kanker, dan anti diabetes. Meski demikian, belum ada bukti yang sahih dari manfaat daun sirih ini. Antiseptik dari daun sirih lebih baik daripada sabun non-antiseptik. Agar mendapatkan anti septiknya, air dari rebusan daun sirih bisa digunakan untuk obat kumur.

    1. Membantu pada penyembuhan luka

    Daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga daun sirih mampu untuk membantu pada penyembuhan luka. Proses pengolahannya ialah daun sirih dioleskan ke luka, setelah itu dibungkus oleh perban. Waktu yang diperlukan dalam proses penyembuhan ini berkisar 1 sampai 2 hari saja. Jika anda memiliki luka, daun sirih merupakan obat yang tepat.

    1. Menurunkan berat beban

    Apabila anda sering mengonsumsi air dari rebusan daun sirih, metabolism yang ada di tubuh akan meningkat. Sehingga sistem pencernaan ikut berkerja dengan baik  dan menghilangkan racun dari tubuh. Serat  yang dihasilkan daun sirih dapat menurunkan jumlah lemak dan juga mengatasi  permasalahan sembelit. Apabila  hal ini terjadi terus, berat badan anda akan turun dengan mudah.

    1. Mengatasi mimisan

    Proses penyembuhan mimisan hamper sama dengan proses penyembuhan luka, yaitu dengan mengoleskan daun sirih ke hidung. Kandungan antioksidan yang dimiliki daun sirih mampu untuk menutup pembuluh darah yang sobek. Daun sirih membuat daya tahan tubuh meningkat serta penyembuhan terhadap luka bertambah cepat.

    1. Obat batuk

    Apabila anda terkena penyakit batuk,  anda harus mencoba ramuan yang satu ini. air yang direbusan dengan daun sirih mengandung vitamin B serta C yang dapat meredakan batuk dengan efektif. Cukup dengan minum air rebusannya 1 kali sehari sudah dapat membantu  anda untuk menyebuhkan batuk anda.

    1. Untuk sakit tenggorokan

    Sakit tenggorokan tentu sangat tidak enak. Nafsu makan dan minum kita akan berkurang dan tentunya sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengonsumsi air daun sirih. Tak hanya sakit tenggorokan, daun sirih juga mampu mengatasi demam.

    1. Penangkal kanker

    Nah… bagi anda yang takut terkena kanker, anda bisa mengonsumsi air daun sirih. Caranya sangat mudah, dengan merebus 10 – 15 lembar serta rebus selama kurang lebih 15 menit. Apabila sudah mendidih, angkat dan pisahkan antara daun dan air. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan dengan madu. Konsumsilah setiap hari agar khasiatnya terasa di tubuh anda.

    1. Penyembuh diabetes

    Menurut para ahli, air daun sirih mampu untuk mengurangi gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Antioksidannya mampu mengurangi kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh yang memicu hormon insulin. Meski daun sirih mampu mengurangi gula darah, pengobatan yang dengan dokter lebih dianjurkan untuk kesembuhan yang maksimal.

    1. Menghilangkan jerawat

    Sangat banyak manfaat dari air rebusan daun sirih ini, salah satunya menghilangkan jerawat pada wajah anda. Caranya dengan membasuhkan air rebusan daun sirih ke wajah yang berjerawat. Lakukan dengan rutin agar hasil yang kamu terima maksimal.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar