Makanan Khas Kabupaten Donggala

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kabupaten Donggala merupakan kabupaten yang terdapat di provinsi Sulawesi Tengah dengan memiliki luas wilayah sekitar 4275,08 kilometer2 dengan jumlah penduduk sekitar kurang lebih 301.760 jiwa. Jika anda mengunjungi ke Kabupaten Donggala maka jangan sampai melewatkan makanan khas yang wajib untuk di coba dan di cicipi. Di sini saya akan memberikan macam-macam makanan khas yang berasal dari Kabupaten Donggala.

    1. Sop Kaledo

    Sop Kaledo merupakan makanan khas yang berasal dari kabupaten donggala Sulawesi tengah. Sop kaledo terbuat dari daging sapi dan makanan ini merupakan makanan khas yang banyak diminati oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan karena memiliki rasa yang lezat dan nikmat karena sop kaledo ini di campur dengan bumbu racik yang menjadikan makanan yang satu ini menjadi makanan yang difavoritkan oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Anda wajib untuk mencoba sop kaledo karena sop kaledo ini memiliki rasa yang lezat dan memiliki keunikan tersendiri ketika anda mengunjungi Kabupaten Donggala ini ketika berlibur.

    2. Lalampa

    Lalampa merupakan makanan khas dari Sulawesi utara akan tetapi makanan yang satu ini menjadi popular di provinsi Sulawesi tengah. Lalampa adalah makanan ringan yang terbuat dari beras dan di campur dengan ikan cakalang. Makanan ini di bungkus menggunakan daun pisang yang sudah di bakar sebelumnya. Makanan yang satu ini juga dapat di jadikan sebagai cemilan ketika ngobrol atau ketika lagi ngopi karena makanan ini memiliki rasa yang enak. Anda jangan sampai kelewatan untuk mencoba makanan yang satu ini ketika berkunjung ke provinsi Sulawesi tengah.

    3. Tinutuan

    Makanan yang selanjutnya yang berasal dari Sulawesi tengah adalah Tinutuan. Tinutuan merupakan makanan yang hampir mirip dengan bubur tetapi yang membedakannya adalah pada tinutuan terdapat campuran sayur-sayuran yang cukup banyak di bandingkan dengan bubur yang biasanya. Makanan yang satu ini juga menjadi makanan yang populer dan memiliki banyak peminat karena makanan ini memiliki rasa yang enak di tambah lagi dengan sayur yang membuat tubuh semakin sehat. Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini ketika anda berkunjung ke provinsi Sulawesi tengah kabupaten donggala dan makanan ini banyak di konsumsi ketika ingin mengawali aktivitas di pagi hari.

    4. Milu Siram

    Setelah tinutuan makanan khas yang selanjutnya adalah milu siram. Milu siram merupakan makanan yang terbuat dari olahan jagung yang muda. Selain jagung milu siram ini dapat di campurkan dengan ikan maupun udang yang sudah di olah sebelumnya. Milu siram ini banyak diminati oleh wisatawan dan masyarakat lokal karena milu siram ini memiliki rasa yang manis, asin dan pedas. Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini karena selain memiliki rasa yang enak dan dapat menggoyang lidah, makanan yang satu ini di percaya juga dapat mampu menghancurkan kolesterol yang berada di dalam tubuh manusia.

    5. Onyop

    Makanan khas yang terakhir dari provinsi Sulawesi tengah adalah Onyop. Onyop merupakan makanan yang berbahan dasar sagu dan di campur dengan ikan dan juga di campur kuah yang memiliki rasa asam. Onyop merupakan adalah makanan yang paling banyak di cari dan di gemari oleh wisatawan karena memiliki rasa yang unik sehingga onyop ini menjadi makanan khas yang populer dan yang banyak di gemari. Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini karena makanan ini memiliki rasa enak dan menjadi daya tarik tersendiri.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Kabupaten Donggala
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar