Kabar Beredar, Ada Surat Suara Sudah Tercoblos Satu Gudang di Pekanbaru

Daftar Isi

    PEKANBARU-Masyarakat Kota Pekanbaru dibuat heboh, adanya kabar pada Kamis, 18 April 2019 tentang surat suara yang sudah tercoblos. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, satu gudang. Pesan ini beredar di sejumlah group WhatsApp, hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Badan Pengawasan Pemilu. 

    Pesan dari telepon selular ini berbunyi, "info dari WA, info A1, dari Mas Budi, diharap semua telawan 02 bergerak sekarang, ke Panam di depan Sekolah Al Huda. Ada penemuan segudang surat suara. Teman-teman FPI sudah meluncur ke tempat kejadian perkara (tkp)".

    Akan tetapi, ketika lembaga pelaksana dan pemilu saat diklarifikasi hal ini, hanya menyikapi santai, malah dibawa jawaban bercanda.

    Usut punya usut ternyata, setelah beberapa jurnalis mencarikan kebenaran informasi, ternyata pesan itu hoaks. Pesan itu terjadi akibat kesalahpahaman orang yang menyaksikannya.

    "Kesalahpahaman masyarakat rupanya, jadi surat suara di kantor Camat itu gak muat, jadi diletak di gudang," ujar H yang tidak ingin disebut namanya, karena ia juga mendapat info dari pesan singkat.

    Salah seorang Komisioner KPU Riau, Abdurahman menyatakan, belum bisa dipastikan tentang pesan yang neredar tersebut benar atau hoaks, karena belum ada investigasi terkait itu.

    "Tetapi yang lanjutnya, semua surat suara lebih sudah dimusnahkan," kata Abdurahman lewat seluler.

    Menurut dia, KPU Pekanbaru sedang berkoordinasi terkait penemuan itu. Yang jelas dalam prosedurnya, kelebihan surat suara itu harus dimusnahkan sebelum pemungutan suara dan KPU Pekanbaru sudah melaksanakannya, dan disaksikan pihak polres dan Bawaslu.

    Terkait maraknya belakangan pesan hoaks di Pekanbaru sejak Pemilu, termasuk kemaren, adanya pemberitahuan agar warga yang belum mencoblos agar mendatangi Kantor KPU Pekanbaru, ia menambahkan, KPU sudah mengimbau dalam setiap kesempatan menyampaikan hoaks yang menerpa KPU khususnya.

    "Di medsos juga sering kita share contoh-contoh hoaks, tapi memang kami juga minta dukungan media untuk membantu menangkal hoaks yang beredar ditengah masyarakat," pungkasnya.(haz/ant) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kabar Beredar, Ada Surat Suara Sudah Tercoblos Satu Gudang di Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar