Gembok Cinta Mangrove, Salah Satu Ekowisata Mengkapan yang Khas dan Menarik Hati di Siak

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Gembok Cinta Mangrove, seperti di menara Eiffel yang ada di Paris, Kabupaten Siak juga miliki "Gembok Cinta". Siak Sri Indrapura memiliki tempat-tempat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kita tahu bahwa Siak adalah kawasan peninggalan Kerajaan, banyak peninggalan Kerajaan Siak yang menjadi objek wisata daerah yang dapat menarik para Wisatawan untuk berkunjung dan menikmati peninggalan yang ada.

    Selain dikenal sebagai daerah Kerajaan, Siak juga memiliki lingkungan dan kawasan yang asri dan nyaman. Juga terdapat tempat-tempat tujuan wisata alam bagi masyarakat setempat dan para pengunjung yang datang ke Siak.

    Ada kawasan Hutan Mangrove Mengkapan yang menjadi salah satu ekowisata di Kabupaten Siak. Hutan Mangrove Mengkapan juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam. Hutan Mangrove Mengkapan terletak di desa Mengkapan Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

    Hutan Mangrove Mengkapan menjadi salah satu destinasi wisata hutan yang ada di Siak. Dari Hutan Mangrove Mengkapan kita bisa menikmati keindahan pantai dan pemandangan sungai yang bisa dinikmati dari jembatan kayu yang ada di Hutan Mangrove Mengkapan. Di sini masyarakat dan para pengunjung mempunyai kebiasaan mengunci sebuah “gembok cinta “ di tempat yang sudah disediakan di sekitar jembatan.

    Sebagaimana pemahaman yang beredar terkait “gembok cinta” bagi kaum-kaum muda yang ada di belahan bumi mana saja yaitu simbolis akan sebuah rasa cinta yang abadi dan tidak akan bisa dibuka kembali kaena memang kunci gembok dibuang setelah gembok dipasang. Namun, berbeda dengan “Gembok Cinta Mangrove”, gembok cinta mangrove dibuat untuk para pengunjung agar ikut serta mencintai manrove dan ikut melestarikannya.

    Bupati Kabupaten Siak juga telah memasang gembok cintanya di Hutan Mangrove Mengkapan ini. Sebagai lambang komitmen bagi Bupati menjaga kelestarian flora khususnya flora daerah pantai. Hutan Mangrove Mengkapan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang terus dijaga dan dikembangkan, seperti yang dikutip dari fanpage Bupati Kabupaten Siak.

    “Di sini saya juga meletakkan 'Gembok Cinta' bertuliskan "Syamsuar Mangrove" sebagai lambang komitmen menjaga kelestarian flora khususnya daerah pantai. Kuncinya dibuang menunjukkan bukti bahwa cinta mangrove sudah menjadi ketetapan hati. Ke depan kami akan memberikan perhatian pada lokasi ini, untuk menjadi salah satu destinasi wisata alam yang perlu dijaga dan dikembangka”. (hyAzn)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gembok Cinta Mangrove, Salah Satu Ekowisata Mengkapan yang Khas dan Menarik Hati di Siak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar